Pahlawan Ukraina Andriy Shevchenko, siapa dia?

Saat ini Andriy Shevchenko menjadi pemain yang dipuja di Ukraina. Dia mencetak dua gol ke gawang Swedia saat Ukraina menang 2-1 di babak penyisihan Grup D Euro 2012 yang digelar Selasa (12/6) dinihari WIB di Stadion NSK Olimpijs, Kiev. Kemenangan ini membuat Ukraina berada di puncak klasemen sementara, mengungguli Prancis dan Inggris yang pada pertandingan […]

Internasional Liga Europa  - Pahlawan Ukraina Andriy Shevchenko, siapa dia?Saat ini Andriy Shevchenko menjadi pemain yang dipuja di Ukraina. Dia mencetak dua gol ke gawang Swedia saat Ukraina menang 2-1 di babak penyisihan Grup D Euro 2012 yang digelar Selasa (12/6) dinihari WIB di Stadion NSK Olimpijs, Kiev.

Kemenangan ini membuat Ukraina berada di puncak klasemen sementara, mengungguli Prancis dan Inggris yang pada pertandingan sebelumnya hanya bermain imbang 1-1. Mereka juga membuka peluang lolos ke babak perempatfinal Piala Eropa. Sebagai tim debutan, tentu prestasi ini sangat mengagumnkan publik.

Sosok Shevchenko dipastikan akan menghiasi koran-koran lokal. Mereka memuja pemain kelahiran 29 September 1976 ini. Sebenarnya, prestasi Shevchenko sebelum kompetisi ini digelar sudah memukau. Prestasi gemilangnya didapat saat dia membela klub Italia, AC Milan.

Dia mengawali karir sepakbola bersama klub lokal Dynamo Kyiv. dari tahun 1994-1999, dia membela Kyiv dalam 117 pertandingan dan mencetak 60 gol. Berkat prestasinya itu, dia pun dipinang AC Milan.

Bersama Rossonerri dari tahun 1999-2006, dia mencatatkan rekor memikat. Tampil dalam 226 pertandingan, pemain bertinggi 183 cm itu mengukir 127 gol. Dia mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak kedua di Milan dengan 175 gol.Juga menjadi top scorer di Derby Della Madonnina (derby melawan Inter) dengan 14 gol.

Di tingkat Eropa, dia menjadi top scorer ketiga di Liga Champions dengan 58 gol, di bawah Raul (71 gol) dan Ruud van Nistelrooy (60 gol). Dia pun menjadi top socrer ketiga di seluruh kompetisi Eropa dengan 67 gol.

Setelah malang melintang di Milan, di hijrah ke Chelsea. Bersama The Blues di hanya mencetak 9 gol dari 48 pertandingan. Tahun 2008 dia dipinjamkan ke AC Milan sampai 2009. Tahun 2009 sampai saat ini, dia kembali membela eks klubnya Dynamo Kyiv.

Shevchenko pernah menerima penghargaan Ballon d’Or tahun 2004. Dia menjadi pemain ketiga Ukraina yang menerima penghargaan ini setelag Oleg Blokhin dan Igor Belanov. Dia pernah merasakan trofi juara liga di Ukraina, Inggris, dan Italia. Juga Liga Champions 2003 bersama AC Milan.

Di timnas Ukraina, dia menjadi kapten tim dan mengantarkan negaranya lolos ke perempatfinal Piala Dunia tahun 2006. Mampukah pemain berusia 35 tahun itu mengantarkan Ukraina menjadi juara Euro 2012? Kita tunggu saja!