Pelatih Australia Mundur 6 Hari Setelah Lolos ke Rusia

Pelatih Timnas Australia Ange Postecoglou mundur hanya enam hari setelah timnya lolos ke Piala Dunia Rusia.

Ange Postecoglou tinggalkan Timnas Australia hanya enam hari setelah tim itu lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.
Ange Postecoglou tinggalkan Timnas Australia hanya enam hari setelah tim itu lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Satu yang menarik dari pengunduran diri Ange Postecoglou, pelatih asal Yunani yang lahir di Skotlandia itu mengatakan, pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Australia telah ‘merugikan dirinya’.

Padahal pelatih berusia 52 tahun tersebut baru enam hari membawa Socceroos melaju ke putaran final Piala Dunia, untuk keempat kalinya secara beruntun. Di pertandingan dua leg babak playoff, Australia menang agregat 3-1 atas Honduras.

Postecoglou sebenarnya ditawari kesempatan untuk diskusikan kesepakatan baru di luar turnamen Piala Dunia Rusia tahun depan. Namun, ia memutuskan untuk pergi. “Ini keputusan yang sangat sulit bagi saya,” ujar Postecoglou seperti dilansir BBC Sports.

“Semua ini telah mempengaruhi saya, baik secara pribadi maupun profesional. Saya telah menginvestasikan semua yang bisa saya ketahui, betapa pentingnya periode ini untuk sepakbola Australia. Dengan berat hati, saya harus akhiri perjalanan saya,” tandasnya.

“Untuk melatih tim negara Anda sendiri, itu jadi hak istimewa yang terbesar, tapi juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar,” ungkapnya.

“Saya merasa, sekarang adalah saat yang tepat untuk memberikan tanggung jawab kepada seseorang yang memiliki energi yang dibutuhkan tim ini. Saya berutang ini pada asosiasi sepakbola, pemain dan para penggemar,” ujar Postecoglou.

Postecoglou sebelumnya gantikan posisi Holger Osieck pada tahun 2013, dan memimpin Timnas Australia ke Piala Asia dua tahun kemudian. Dia menangkan 22 dari 49 pertandingan yang dijalani skuadnya.

 

Sepakbola.cc