Pemain Bintang Yang Dicuekin Pelatih: Kaká

 

Pemain ganteng yang pernah jadi salah satu pemain termahal yang direkrut Real Madrid ini, juga tidak masuk dalam skuad 23 orang bikinan Luiz Filipe Scolari.

Sang pelatih tidak pernah bilang alasannya, tapi menilik daftar 23 nama-nama tersebut, mereka adalah para pemain yang ikut serta dalam Confederation Cup 2013, ajang berkumpulnya negara-negara yang jadi juara di tiap benua, dan Brasil berhasil mengalahkan juara dunia bertahan saat ini, Spanyol dengan skor telak 3-0.

Terakhir kali Kaká main pada Piala Dunia adalah tahun 2010. Waktu itu nasibnya berakhir kurang begitu bagus. Saat partai melawan Pantai Gading pada tanggal 20 Juni, Kaká menerima kartu merah kontroversial setelah menerima dua kartu kuning. Kartu kedua diberikan untuk dugaan menyikut ke arah Abdul Kader Keïta. Lihat videonya berikut ini. Nilai sendiri apakah fair dia menerima kartu merah?

Itu adalah kali kedua ia menerima kartu merah. Kesempatan lain adalah ketika membela Real Madrid musim 2012/13.

Selain itu, kemungkinan adalah faktor mudahnya Kaká cedera. Kehadirannya kembali di AC Milan pada September 2013 ditandai dengan cedera pada laga pertamanya.

Kaká sebenarnya tampil lumayan di Serie A musim ini. Mencetak 7 gol dan 4 assist sepanjang kompetisi, plus tambahan 2 gol dan 1 assist di kompetisi level Eropa. Dia bermain selama 2400 menit di Serie A, kira-kira 100 jam lebih banyak daripada 3 musim terakhir (sampai Agustus 2013) bersama Real Madrid.

Pemain Serie A lainnya yang juga dicuekin pelatih nasional adalah Carlos Tevez.

Setelah lebih dari satu tahun absen dari tim nasional pasca Piala Dunia 2010, Kaká dipanggil kembali pada tanggal 27 Oktober 2011 untuk pertandingan persahabatan melawan Gabon dan Mesir pada bulan November. Tapi ia kemudian harus disingkirkan dari skuad karena cedera, dan dengan demikian tidak sempat bermain pada kedua laga tersebut.

Ia kemudian absen selama dua tahun berikutnya sebelum dipanggil kembali pada tanggal 28 September 2012 untuk pertandingan persahabatan melawan Irak dan Jepang pada bulan Oktober. Kaká mencetak gol di kedua pertandingan, menang 6-0 atas Irak dan menang 4-0 atas Jepang.

Pada 5 Maret 2013, Kaká sempat dipanggil lagi oleh Scolari untuk pertama kalinya sejak ia duduk di kursi pelatih nasional untuk sebuah pertandingan persahabatan dengan Italia di London dan melawan Rusia di Jenewa. Kedua laga itu terjadi di akhir bulan Maret tersebut.

Dua pemain lain yang dicoret adalah Ashley Cole dan Landon Donovan.

Advertisement