Pemain Ini Dihukum 50 Tahun Karena Serang Wasit

11

Kejadian langka terjadi di Swiss. Seorang pemain amatir diganjar hukuman tidak boleh bermain bola selama 50 tahun. Si pemain terkena hukuman lantaran menyerang wasit.

Pemain Ini Dihukum 50 Tahun Karena Serang Wasit - berita Internasional

Kejadian langka terjadi di Swiss. Seorang pemain amatir diganjar hukuman tidak boleh bermain bola selama 50 tahun. Si pemain terkena hukuman lantaran menyerang wasit.

Ricardo Ferreira (28), demikian nama si pemain. Dia adalah anggota tim klub amatir di Swiss bernama Portugal Futebol Clube. Kejadiannya berlangsung ketika klubnya bertanding melawan SC Worb pada laga liga amatir beberapa waktu lalu.

Ferreira tidak dimainkan dalam laga yang berakhir dengan kemenangan SC Worb 1-0 tersebut. Entah karena kecewa, ia langsung masuk ke lapangan setelah wasit meniupkan peluit akhir laga. Dia mengambil bola lalu menendang sekeras-kerasnya sehingga menerpa wajah wasit. Tak sampai di situ, ia kemudian menyemprotkan air ke tubuh wasit.

Kesal dengan tindakan tesebut, si wasit langsung memberikan kartu merah kepadanya. Badan sepakbola amatir Swiss kemudian juga menjatuhkan hukuman berat, yaitu larangan bermain selama 50 tahun bagi Ferreira, terhitung sejak 26 Juni 2014.

“Kami tak menginginkan pemain seperti Ferreira ada dalam liga kami. Dia melakukan hal yang sama setiap tahun,” kata Robert Breiter, kuasa hukum liga sepak bola amatir Swiss.

Rupanya bukan baru kali ini Ferreira bertindak aneh. Pada 2009, Ferreira mencabut peluit dari mulut seorang wasit. Saat itu Ferreira dilarang bertanding selama 12 bulan. Ia juga pernah dilarang bertanding selama 45 pertandingan karena kerap melakukan serangan keras baik terhadap pemain lawan maupun terhadap wasit.

Hukuman-hukuman sebelumnya rupanya tidak membuat dia jera. Tetapi setelah dijatuhi hukuman 50 tahun barulah ia menyesal karena ia bakal kehilangan mata pencaharian.

“Saya kira hukumannya hanya satu atau dua tahun. Tapi 50 tahun? Sepak bola adalah hidup saya,” kata Ferreira.