Pemain Terbaik Piala Konfederasi Diumumkan, Bukan Ronaldo

  • Pemain terbaik Piala Konfederasi 2017 sudah diumumkan. Sayangnya dia bukan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Siapa?

Jerman - Piala Konfederasi
Jerman - Piala Konfederasi

Cristiano Ronaldo tak ikut laga perebutan juara ketiga Piala Konfederasi 2017, dan dia juga tidak terpilih sebagai pemain terbaik turnamen itu.

Gelandang Jerman Julian Draxler dinobatkan sebagai Pemain Terbaik turnamen di Rusia itu setelah menjadi kapten raksasa Eropa itu dan mencatatkan gelar pertama Piala Konfederasi mereka.

Pemain berusia 23 tahun itu mencetak satu gol dan memberi satu assist lain untuk membantu Die Mannschaft mengangkat trofi di Rusia.

Julian Draxler menjadi orang Jerman pertama yang mengklaim Golden Ball, menggantikan Neymar, yang memenangkan penghargaan individual tersebut di Brasil pada Piala Konfederasi 2013.

Pemain bintang PSG tersebut menjadi bintang ketiga non-Brasil yang mengangkat trofi individual itu, dua lainnya adalah Robert Pires pada tahun 2001 dan Thierry Henry pada tahun 2003.

Pemain Selecao lainnya yang pernah memenangkan penghargaan serupa adalah Denilson (1997), Ronaldinho (1999), Adriano (2005) dan Kaka (2009).

Rekan setim Draxler, Timo Werner, memenangkan penghargaan Golden Boot, sementara kiper Chile Claudio Bravo memenangkan penghargaan Golden Glove.

Juara dunia Jerman merebut trofi Piala Konfederasi setelah mengalahkan Cile 1-0 di final pada Senin dinihari WIB.

Chile tampil sangat dominan selama tahap awal babak pertama dan mengurung timnas Jerman yang bertahan untuk sebagian besar masa pembukaan 15 menit.

Namun, Jerman malah duluan unggul di menit ke-20, saat Timo Werner menerkam satu kesalahan Marcelo Diaz dan mengirim bola ke Lars Stindl, yang menggetarkan jaring gawang yang kosong.

Chile hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-74 saat bola jatuh ke Arturo Vidal di kotak penalti, namun gelandang tersebut melesatkan bola di atas mistar gawang dari jarak 12 meter saja.

Dengan Chile terus mendorong untuk menyamakan kedudukan, pelatih Jerman Joachim Low memasukkan gelandang Emre Can untuk menggantikan Timo Werner di menit ke-78.

La Roja seharusnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-84 namun pemain pengganti Angelo Sagal membombardir usahanya melewati mistar gawang dari jarak 10 meter.

Kendati demikian, Jerman berhasil bertahan sampai peluit akhir untuk mengklaim kemenangan dan merebut gelar Piala Konfederasi untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.