Pemerintah Inggris Dukung Pembatalan Piala Dunia 2018 di Rusia

19

Kemarin-kemarin cuma level politisi partai di Jerman dan asosiasi sepakbola Belanda yang menyerukan boikot atau pembatalan Piala Dunia 2018 di Rusia. Hari ini seruan itu datang dari Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg, sebagai bagian dari sanksi yang lebih keras terhadap kasus penembakan pesawat sipil Malaysia Airlines MH17 di timur Ukraina. Inilah figur politik tertinggi […]

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Pemerintah Inggris Dukung Pembatalan Piala Dunia 2018 di Rusia

Kemarin-kemarin cuma level politisi partai di Jerman dan asosiasi sepakbola Belanda yang menyerukan boikot atau pembatalan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Hari ini seruan itu datang dari Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg, sebagai bagian dari sanksi yang lebih keras terhadap kasus penembakan pesawat sipil Malaysia Airlines MH17 di timur Ukraina.

Inilah figur politik tertinggi di Eropa yang sejauh ini muncul dan bersuara mendesak FIFA mencabut hak tuan rumah dari tangan Rusia.

Wakil PM Inggris itu beralasan, “sangat tidak rasional” pada saat ini bahwa turnamen itu diselenggarakan oleh sebuah negara yang  menyuplai senjata ke milisi pemberontak bersenjata di Ukraina, yang menyebabkan kematian 298 orang di atas pesawat tersebut.

Badan sepakbola dunia FIFA sejauh ini menepis semua usulan dari politisi Jerman agar dilakukan boikot terhadap Piala Dunia 2018 tersebut, dan menyebut keberadaan turnamen itu menjadi “sebuah kekuatan untuk kebaikan.”

Menurut Clegg, jika turnamen itu terus berlangsung maka dunia akan kelihatan “begitu lemah dan tidak tulus” ketika mengutuk aksi pengambilalihan semenanjung Krimea oleh Moskow, dan dukungan terhadap pemberontak Ukraina.

Selain bola, Wakil PM Inggris itu juga berharap agar balapan F1 pertama di Rusia yang akan diadakan di Sochi, Oktober 2014 nanti, juga dibatalkan.

“Vladimir Putin sendiri harus memahami bahwa ia tidak bisa merebut kue lalu memakannya,” katanya. “Dia tidak bisa terus-menerus, Anda tahu, mendorong kesabaran masyarakat internasional sampai di batas tertentu, mengguncang stabilitas negara tetangga, melindungi separatis bersenjata di timur Ukraina, dan lalu tetap memiliki hak dan kehormatan menerima semua penghargaan pada 2018 menjadi negara tuan rumah Piala Dunia.”

“Itu sebabnya saya sampai ke kesimpulan bahwa jika ia tidak mengubah (aneksasi) itu, maka gagasan Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 tidak bisa terlaksana. Anda tidak dapat memiliki ini, permainan indah yang dirusak oleh agresi jelek Rusia di perbatasan Rusia-Ukraina.”

“Jika kta tidak berani membatalkan (2018) maka bukan hanya Vladimir Putin akan memanfaatkan (ajang) itu, saya pikir itu akan membuat seluruh dunia terlihat begitu lemah dan begitu tidak tulus tentang protes kita terhadap perilaku Vladimir Putin.”

“Vladimir Putin adalah seorang master dalam menghadiri acara olahraga ini dan, berpura-pura seolah-olah semuanya baik-baik saja dan tidak ada yang tidak diinginkan terjadi di sekitarnya.”

“Dan kalau ada perlu diingatkan tentang betapa berbahayanya konflik ini di jantung Eropa, tanyalah salah satu keluarga dan kerabat mereka yang kehilangan sanak saudara tercinta dalam insiden pesawat minggu lalu itu.”

Clegg mengatakan ancaman penarikan Piala Dunia akan menjadi “sanksi politik dan simbolik yang sangat ampuh”.

Wakil Perdana Menteri itu tidak menutup kemungkinan Inggris menjadi tuan rumah pengganti jika Rusia dicabut dari tuan rumah Piala Dunia 2018.

“Kami punya stadion, kami punya infrastruktur, dan kami punya dukungan publik dan antusiasme untuk menjadi tuan rumah,” katanya.