Penalti Lampard selamatkan Inggris

  • Inggris nyaris saja dipermalukan Ukraina di hadapan pendukung sendiri di Wembley Stadium dalam laga di Grup H babak Kualifikasi Piala Dunia 2014, Rabu (12/9) dinihari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama, Inggris dengan susah payah akhirnya selamat dari kekalahan berkat gol penalti Frank Lampard di menit-menit akhir babak kedua. Wasit Cuneyt Cakir memberikan […]

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Penalti Lampard selamatkan InggrisInggris nyaris saja dipermalukan Ukraina di hadapan pendukung sendiri di Wembley Stadium dalam laga di Grup H babak Kualifikasi Piala Dunia 2014, Rabu (12/9) dinihari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama, Inggris dengan susah payah akhirnya selamat dari kekalahan berkat gol penalti Frank Lampard di menit-menit akhir babak kedua.

Wasit Cuneyt Cakir memberikan hadiah penalti kepada Inggris setelah salah seorang pemain belakang Ukraina menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang.  Lampard yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat pertandingan sudah memasuki menit ke 87.

Ukraina yang lebih banyak mengandalkan serangan balik sempat membungkam pendukung tuan rumah di menit ke 39. Dalam sebuah serangan balik cepat, Evgeni Konoplienka yang tak terkawal pemain belakang Inggris berhasil melepaskan tembakan akurat dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Joe Hart untuk membawa Ukraina unggul 1-0.

Secara keseluruhan Inggris mendominasi pertandingan. Mereka langsung mengambil inisiatif serangan dan terus menekan pertahanan Ukraina. Sayangnya mereka kurang beruntung dalam penyelesaian akhir. Salah satu peluang terbaik Inggris adalah tendangan keras Tom Cleverley dari dalam kotak penalti yang masih membentur mistar gawang di menit ke 45.

Di paruh kedua, pelatih Roy Hodgson mengubah strategi, dengan memasukan dua pemainnya, yakni Danny Welbeck dan Daniel Sturridge. Perubahan itu membuat penyerangan Inggris menjadi tambah hidup. Steven Gerrard dan Welbeck beberapa kali mendapatkan peluang emas.

Sayangnya penampilan agresif Inggris itu harus dibayar mahal. Sang Kapten Steven Gerrard diusir dari lapangan pada menit ke 88 karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Susunan Pemain:
Inggris: 1-Joe Hart, 2-Glen Johnson, 3-Leighton Baines (14-Ryan Bertrand 73), 4-Steven Gerrard, 5-Joleon Lescott, 6-Phil Jagielka, 7-James Milner, 8-Frank Lampard, 9-Jermain Defoe, 10-Tom Cleverley (20-Danny Welbeck 62), 11-Alex Oxlade Chamberlain (19-Daniel Sturridge 69)

Ukraina: 12-Andriy Pyatov, 2-Yevgen Selin (13-Viacheslav Shevchuk 75), 3-Yevhen Khacheridi, 20-Yaroslav Rakitskiy, 4-Anatoliy Tymoschuk, 6-Denis Garmash, 8-Roman Zozulya (22-Marko Devic 89), 9-Oleg Gusev, 10-Evgeni Konoplienka, 11-Andriy Yarmolenko, 14-Ruslan Rotan

Wasit: Cuneyt Cakir