Pengundian Liga Champions, Ini Skenario Terbaik Untuk Tim-tim Inggris
Pengundian Liga Champions, ini skenario terbaik untuk tim-tim Inggris.

Malam ini mulai pukul 22.45 WIB akan berlangsung pengundian penentuan grup Liga Champions musim 2014/2015. Premier League Inggris diwakili oleh empat klub, termasuk Arsenal yang berhasil menaklukkan Besiktas di babak play-off, semifinalis tahun lalu Chelsea, Liverpool yang kembali ke kompetisi Champions setelah absen selama lima tahun, dan sang juara Inggris Manchester City.

Mengapa penentuan grup penting? Karena itu bisa memperlihatkan seberapa besar peluang klub lolos ke babak 16 Besar, dan babak-babak selanjutnya. Jika di grup saja sudah berjumpa dengan klub-klub kelas berat, maka secara matematis peluang lolos tentu lebih berat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat 32 tim yang memenuhi syarat, yang meliputi juara bertahan dan sekaligus perebut trofi 10 kali Real Madrid.

Mereka semua telah dikelompokkan ke dalam empat pot berbeda berdasarkan koefisien UEFA mereka, yang dihitung dari kesuksesan mereka selama lima tahun terakhir di kompetisi Eropa, lalu setiap tim akan ditempatkan dalam salah satu dari delapan grup. Dimulai dari pot A, diakhiri dengan pot D.

Tidak ada dua tim dari negara yang sama atau pot yang sama dapat bertarung satu sama lain, dan adalah menarik mengamati mana-mana saja dari 32 tim itu yang masuk dalam grup, yang dinamai dari A sampai dengan H.

Inilah dua skenario untuk Arsenal & Chelsea

Skenario Terbaik: FC Basel, Sporting Lisbon, Malmo

Skenario Terburuk: Paris Saint Germain, Bayer Leverkusen, AS Roma

Inilah dua skenario untuk Liverpool

Skenario Terbaik: FC Porto, FC Basel, Malmo

Skenario Terburuk: Real Madrid, Paris Saint Germain, AS Roma

Inilah dua skenario untuk Manchester City

Skenario Terbaik: FC Porto, Olympiakos, Malmo

Skenario Terburuk: Real Madrid, Ajax, AS Monaco

Sebenarnya dengan daftar nama ini, kita juga bisa menilik bagaimana skenario terbaik untuk klub-klub asal Spanyol: Real Madrid dan Barcelona atau Atletico Madrid, yang seluruhnya berada di Pot A.

Skenario terbaik mereka sama seperti Chelsea dan Arsenal, yakni tergabung bersama Basel, Sporting Lisbon, dan Malmo. Skenario terburuk menjadi satu bersama PSG, Bayer Leverkusen dan AS Roma.

Jika Anda fans Juventus atau Dortmund atau PSG, tinggal melihat skenario terbaik dan terburuk Manchester City karena sama-sama di Pot B. 
Daftar pot A sampai D yang sudah dirilis UEFA adalah:

Pot A: Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Chelsea, Benfica, Atletico Madrid, Arsenal, FC Porto

Pot B: Schalke, Borussia Dortmund, Juventus, Paris Saint-Germain, Shakhtar Donetsk, FC Basel, Zenit St Petersburg, Manchester City

Pot C: Bayer Leverkusen, Olympiakos, CSKA Moscow, Ajax, Liverpool, Sporting Lisbon, Galatasaray, Athletic Bilbao

Pot D: Anderlecht, AS Roma, Ludogorets, APOEL, BATE Borisov, Maribor, AS Monaco, Malmo