Penjagal Yang Cederai Neymar Tidak Akan Dihukum

31

FIFA memutuskan tidak akan mengambil tindakan terhadap pemain Kolombia yang mencederai Neymar dan mengakhiri karir Piala Dunia 2014-nya. FIFA mengatakan panel disiplin “tidak dapat mempertimbangkan hal ini” di bawah aturan yang ada karena wasit melihat tantangan oleh bek Kolombia Camilo Zuniga, dan sudah dinilai pada saat itu juga. “Dalam kasus khusus ini, tidak ada tindakan retrospektif yang […]

Internasional Piala Dunia  - Penjagal Yang Cederai Neymar Tidak Akan Dihukum

FIFA memutuskan tidak akan mengambil tindakan terhadap pemain Kolombia yang mencederai Neymar dan mengakhiri karir Piala Dunia 2014-nya.

FIFA mengatakan panel disiplin “tidak dapat mempertimbangkan hal ini” di bawah aturan yang ada karena wasit melihat tantangan oleh bek Kolombia Camilo Zuniga, dan sudah dinilai pada saat itu juga.

“Dalam kasus khusus ini, tidak ada tindakan retrospektif yang dapat diambil,” kata FIFA dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa WIB, karena insiden itu “tidak luput dari perhatian wasit.”

Dalam keputusan terpisah, panel juga menolak untuk mempertimbangkan banding Konfederasi Sepakbola Brasil terhadap kartu kuning kapten Thiago Silva di perempatfinal Sabtu dinihari WIB lalu, saat menang 2-1 atas Kolombia di Fortaleza.

Kartu kuning tersebut menyebabkan Thiago Silva tidak bisa turun di partai semifinal. Oleh karenanya tuan rumah bermain tanpa  pemain terbaik dan tanpa kaptennya saat berlaga melawan Jerman.

Neymar akan absen selama sekitar 45 hari setelah mengalami patah ruas tulang belakang.

Panel telah mempelajari video di menit ke-86 saat Zuniga menendang punggung Neymar dengan lututnya ketika melompat hendak mengambil bola. Zuniga sudah meminta maaf pada hari Sabtu lalu.

Wasit Carlos Velasco Carballo Spanyol tidak menunjukkan Zuniga kartu kuning, dan panel disiplin FIFA menganggap insiden itu sudah selesai di tempat.

Keseriusan cedera tidak bisa masuk pertimbangan dalam sebuah keputusan disiplin, juga tidak ada faktor kekeliruan identitas pelaku dalam kasus ini, FIFA menambahkan.

“Pertama dan terpenting, ketua Komite Disiplin FIFA (Claudio Sulser) ingin menyatakan bahwa ia sangat menyesalkan insiden dan konsekuensi serius pada kesehatan Neymar,” kata pernyataan itu.

Kasus gigitan Luis Suarez telah memunculkan harapan bahwa ketua panel Sulser juga akan menghukum Zuniga.

Namun, gigitan Suarez di bahu bek Italia Giorgio Chiellini tidak terlihat oleh ofisial pertandingan, yang memungkinkan Sulser untuk menggunakan bukti video untuk melarang pemain Uruguay itu turun main untuk sembilan pertandingan internasional dan terlibat aktivitas bola apa pun selama empat bulan.

Wasit Meksiko dalam kasus gigitan Suarez itu, Marco Rodriguez, akan mengadili partai Brasil-Jerman.