Perkenalkan, Calon Manager Manchester United Berikutnya

  • Louis Van Gaal kini berusia 63 tahun. Manchester United hanya berharap jasanya selama kurang lebih dua tahun saja. Ia diberi kontrak dua tahun sampai 2016, tapi dengan opsi sampai empat tahun jika tugasnya merevitalisasi skuad berhasil. Namun jika ia gagal maka seorang manager handal lainnya sudah menunggu. Adalah manager Borussia Dortmund Juergen Klopp yang diharapkan untuk bergabung dengan Old […]

Internasional Liga Inggris Liga Jerman  - Perkenalkan, Calon Manager Manchester United Berikutnya
Louis Van Gaal kini berusia 63 tahun. Manchester United hanya berharap jasanya selama kurang lebih dua tahun saja. Ia diberi kontrak dua tahun sampai 2016, tapi dengan opsi sampai empat tahun jika tugasnya merevitalisasi skuad berhasil. Namun jika ia gagal maka seorang manager handal lainnya sudah menunggu.

Adalah manager Borussia Dortmund Juergen Klopp yang diharapkan untuk bergabung dengan Old Trafford saat kontraknya berakhir pada 2018.

Klopp secara luas dianggap sebagai salah satu manager paling berpikiran maju dalam permainan sepakbola modern. Namanya dikaitkan dengan Old Trafford ketika David Moyes pergi. Namun ia menolak tawaran itu dan akhirnya Louis van Gaal yang mengisi kekosongan tersebut.

Pada berusia 63-tahun, Van Gaal tidak dianggap sebagai pilihan jangka panjang Manchester United. The Red Devils telah membangun fondasi mereka, tetapi pelatih Belanda dengan usianya itu tidak mungkin bisa mendekati atau menyamai periode  27 tahun yang Ferguson nikmati.

Internasional Liga Inggris Liga Jerman  - Perkenalkan, Calon Manager Manchester United Berikutnya

Para pejabat di Borussia Dortmund percaya bahwa Manchester United akan siap untuk mengganti Van Gaal segera setelah musim panas 2018 berakhir, mengambil kesempatan untuk merebut Klopp dari Westfalenstadion saat kontraknya berakhir di masa yang sama.

Klopp telah mencapai status seperti dewa di dunia sepakbola Eropa. Tidak hanya dia dipuji karena sukses membangun tim Borussia Dortmund dengan anggaran yang super ketat, tetapi ia juga disukai karena memiliki humor yang baik dan kecintaan pada sepakbola.

Setelah mengambil alih Dortmund yang hancur lebur pada tahun 2008, Klopp berhasil mengembangkan sejumlah bintang muda dan memenangkan trofi ganda Jerman di musim 2011/12. Trofi ganda itu termasuk gelar Bundesliga kedua mereka dalam dua tahun berturut-turut.

Sejak itu, Dortmund berjuang untuk bisa mengikuti raksasa pemasaran Bayern Munich, tapi kekalahan tipis di final Liga Champions melawan rival domestik mereka telah memenangkan hati dan pikiran para penggemar sepakbola di seluruh Eropa.

Pada berusia 47-tahun, Klopp akan menjadi pilihan jangka panjang yang Manchester United cari. Namun pengangkatannya jika terwujud akan menjadi pukulan besar bagi peluang Ryan Giggs menjadi manager United.

Giggs mengambil alih empat pertandingan musim lalu sebagai manager sementara dan sekarang menjadi asisten Van Gaal. Sebagai legenda klub, tentu fans akan lebih senang melihat Ryan Giggs diberi kesempatan sebagai seorang manager di masa depan. Namun, Klopp agaknya lebih diharapkan untuk tinggal di Manchester United dalam jangka panjang dan Giggs telah menyatakan ia akan siap untuk meninggalkan Old Trafford guna mendapatkan pengalaman managerial.

“Saya bisa punya 20 sampai 25 tahun (lagi) di sepakbola. Dan tidak mungkin semuanya akan dihabiskan di United,” kata Giggs.

“Jika saya pergi di tempat lain, itu akan terlihat aneh, tapi saya bisa melihat diriku melakukan hal itu.”

“Hubungan saya dengan United akan selalu istimewa. Jika saya harus melakukannya, saya akan melakukannya, tapi bagaimana rasanya, saya tidak tahu.”