Perkenalkan, Gibraltar, Peserta Terbaru Euro 2016

37

Peserta terbaru kompetisi Euro 2016, Gibraltar, adalah musuh Spanyol terbesar. Oleh UEFA mereka tidak akan dipertemukan di babak-babak penyisihan awal. Spanyol mengganjal dengan sekuat hati lamaran keanggotaan Gibraltar pada sidang UEFA tahun 1999 dan 2007. Namun satu keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga di tahun 2013 mengharuskan UEFA menerima keanggotaan mereka. Dan sejak 2013 Gibraltar pun resmi menjadi […]

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol Piala Eropa  - Perkenalkan, Gibraltar, Peserta Terbaru Euro 2016
Saking sempitnya Gibraltar, lapangan bola pun dibangun di bawah salah satu gunung karang

Peserta terbaru kompetisi Euro 2016, Gibraltar, adalah musuh Spanyol terbesar. Oleh UEFA mereka tidak akan dipertemukan di babak-babak penyisihan awal.

Spanyol mengganjal dengan sekuat hati lamaran keanggotaan Gibraltar pada sidang UEFA tahun 1999 dan 2007. Namun satu keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga di tahun 2013 mengharuskan UEFA menerima keanggotaan mereka.

Dan sejak 2013 Gibraltar pun resmi menjadi anggota terbaru UEFA.

Mengapa Spanyol mengganjal keanggotaan Gibraltar? Karena wilayah berbatu karang di ujung selatan wilayah Spanyol itu, berseberangan dengan benua Afrika, adalah wilayah jajahan Inggris di dalam wilayah Spanyol.

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol Piala Eropa  - Perkenalkan, Gibraltar, Peserta Terbaru Euro 2016

Penerimaan Gibraltar akan menihilkan usaha-usaha Spanyol untuk menegakkan klaim atas wilayah kecil berpenduduk 29.000 orang tersebut.

Selain itu jika Gibraltar diterima, maka ada kekuatiran 17 wilayah otonom lain di Spanyol, semisal Basque dan Catalonia (yang membawahkan antara lain kota Barcelona), keduanya di perbatasan dengan Prancis, akan mengirimkan lamaran keanggotaan serupa ke UEFA.

“Ini adalah kesempatan penting untuk sepakbola di Gibraltar,” kata Gareth Latin, presiden asosiasi sepakbola Gibraltar. “Keanggotaan UEFA berarti bahwa kita dapat memulai bab berikutnya dari sepakbola Gibraltar.”

“Setidaknya kami bisa menunjukkan kepada seluruh Eropa sepakbola dengan standar yang tinggi dan gaya menghibur.”

“Ini akan membuka sebuah dunia baru kesempatan bagi para pemain muda kami yang terampil. Ini adalah salah satu momen olahraga terbesar kami.”

Pada sidang UEFA tahun 2007 ketika hanya tiga negara yang mendukung aplikasi Gibraltar, Spanyol mengancam akan menarik semua tim dari kompetisi UEFA jika Gibraltar sampai masuk. Ancaman menarik mundur klub seperti Real Madrid dan Barcelona itu tidak kesampaian sampai dengan hari ini.

Pada sidang terakhir UEFA tahun 2013, hanya Spanyol dan Belarusia yang menolak keanggotaan Gibraltar.

Senin dinihari WIB, Gibraltar akan tampil menjamu Polandia di sebuah stadion di Portugal, karena stadion di negara mereka sendiri terlalu kecil menurut standar UEFA.