Piala AFF 2014: Pemain Naturalisasi Filipina Bakal Sulitkan Indonesia

  • Di antara 23 pemain yang dibawa Filipina ke Piala AFF 2014, ada 19 orang pemain naturalisasi. Sedangkan pemain lokal Filipinaa hanya empat orang. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya memiliki empat pemain naturalisasi.

Sepakbola - Mantan pesepak bola asal Inggris Tony Cottee meminta Everton untuk membayar berapa pun gaji yang diinginkan Romelu Lukaku.

Di antara 23 pemain yang dibawa Filipina ke Piala AFF 2014, ada 19 orang pemain naturalisasi. Sedangkan pemain lokal Filipinaa hanya empat orang. Bandingkan dengan Indonesia yang memiliki empat pemain naturalisasi.

Para pemain naturalisasi Filipina tersebut antara lain Phillip Younghusband, Patrick Deyto, Jerry Ruben Lucena, Andrew Hartman, Daisuke Sato, Robert Gier, dan Martin Steuble.

Diakui atau tidak, kehadiran mereka dalam kenyataannya mampu mendongkrak performa Filipina. Negara itu kini menempati peringkat ke-129 di FIFA. Jauh di atas Indonesia yang berada di peringkat ke-157.

Kemenangan telak 4-1 atas Laos di partai pertama penyisihan Grup A Piala AFF, Sabtu (22/11) lalu, jadi bukti kalau Filipina menjadi salah tim favorit juara Piala AFF kali ini.

Bagaimana kans Indonesia dalam melawan Filipina, Selasa (25/11) besok? Pelatih Indonesia Alfred Riedl mengatakan kalau Filipina yang sekarang jauh lebih kuat daripada tim Filipina yang dikalahkan Indonesia pada semifinal Piala AFF 2010 lalu.

Waktu itu, Indonesia dua kali mengalahkan mereka dengan skor 1-0. Dua pertandingan semuanya dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Filipina tidak memiliki stadion yang memenuhi standar AFF untuk menjamu Indonesia ketika itu.

“Saya melihat, Filipina sekarang lebih kuat daripada saat 2010 lalu. Pada 2010, kami menghadapi mereka dua kali di kandang,” kata Riedl dalam konferensi pers di Hanoi, Senin (24/11).

“Pertandingan nanti, pasti akan berjalan sulit. Hampir sama seperti 2010, Filipina punya para pemain dengan postur tinggi. Kami tak sabar menghadapi Filipina dan harus menang lawan mereka,” lanjut Riedl.

Sementara pelatih Filipina Thomas Doley mengatakan timnya bertekad mengalahkan Indonesia agar memastikan tempat ke semifinal. “Kami ingin mengalahkan Indonesia untuk memastikan tempat di semifinal,” kata Dooley.