Afrika Selatan gagal memetik kemenangan pada pertandingan pertama di Grup D Piala Afrika setelah mereka ditahan imbang 1-1 oleh Angola. Hasil imbang juga terjadi di partai Tunisia versus Senegal.

Bertanding di Stadion Tamale Sports, Ghana, Kamis (24/1) pagi, Afrika Selatan yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010, kebobolan lebih dulu oleh gol Manucho di menit ke 30. Mereka baru bisa menyamakan kedudukan dua menit sebelum pertandingan selesai berkat gol yang dicetak pemain pengganti Elrio van Heerden.

Dalam pertandingan ini, Afrika Selatan menurunkan tim muda yang diproyeksikan untuk Piala Dunia 2010. Penampilan mereka cukup bagus dan beberapa kali mengancam gawang Angola.

“Saya cukup puas, anak-anak bermain dengan spirit yang bagus di babak kedua. Kami selalu memberikan ancaman setiap kali menguasai bola,” ungkap pelatih Afsel asal Brasil, Carlos Alberto Parreira.

Dalam pertandingan lain di grup yang sama, Tunisia bermain sama kuat 2-2 dengan Senegal. Tunisia lebih dulu unggul melalui gol Jemaa di menit ke-9, sebelum Senegal membalikkan keadaan lewat gol Sall (45) dan Kamara (66). Tunisia akhirnya terhindar dari kekalahan setelah Traoui mencetak gol penyama kedudukan di menit ke 83.
***

Advertisement