Mesir kembali mempertahankan mahkota juara Piala Afrika setelah dalam pertandingan final Minggu (12/2) di Accra, Ghana, mereka mengalahkan Kamerun 1-0. Gol dicetak Mohamed Aboutrika di menit ke 77.

Dengan kemenangan ini, Mesir mencatat rekor enam kali menjadi juara Piala Afrika. Tahun 2006 lalu mereka juga sukses setelah mengalahkan Pantai Gading lewat adu penalti di partai final. Sementara Kamerun gagal mewujudkan ambisinya menorehkan gelar juara untuk kelima kalinya.

Aboutrika yang menerima umpan silang dari Mohamed Zidan terlebih dahulu mengecoh bek veteran Rigobert Song sebelum menceploskan bola ke dalam gawang Kamerun.

Mesir yang mengalahkan Kamerun 4-2 di pertandingan penyisihan grup pada 22 Januari, mendominasi pertandingan sejak awal. Sayang sejumlah peluang emas berhasil dipatahkan oleh kiper Kamerun Idriss Carlos Kameni yang tampil menawan dalam laga ini.

Striker andalan Kamerun Samuel Eto`o tak bisa berbuat banyak lantaran mendapatkan pengawalan ketat dari pemain-pemain belakang Mesir. Hanya sekali Eto`o mendapatkan peluang emas di akhir babak kedua, sayang tembakannya masih melebar di samping gawang.
***