Adu Jotos Fans Bola Jadi Cabang Olahraga?

125

Sepakbola – Adu Jotos Fans Bola Jadi Cabang Olahraga? Memang terdengar aneh, namun hal tersebut mulai diminta oleh ketua Persatuan Sepak Bola Rusia.

Piala Dunia  - Adu Jotos Fans Bola Jadi Cabang Olahraga?

Gilabola.com – Adu Jotos Fans Bola Jadi Cabang Olahraga? Memang terdengar aneh, namun hal tersebut mulai diminta oleh ketua Persatuan Sepak Bola Rusia.

Igor Lebedev akan mengajukan agar para pelaku hooliganisme dari dunia sepak bola diberikan sebuah tempat untuk beradu jotos.

Lebedev sendiri saat ini kabarnya sedang menyusun aturan-aturan yang akan dipakai di cabor yang dinamai ‘draka’, kata Rusia untuk kelahi.

Menurut Associated Press, nantinya akan ada 40 orang suporter dari dua grup saling berkelahi tanpa menggunakan satu pun senjata.

Sepertinya rencana ini merupakan lanjutan dari insiden-insiden kekerasan massal antar suporter di turnamen Euro 2016 Perancis tahun lalu.

Kala itu banyak fans tim nasional Rusia yang ditahan dan dideportasi pihak keamanan Perancis karena berkelahi di tengah-tengah kota dan juga di stadion.

Ide Lebedev ini diyakini untuk meredam kemungkinan terjadinya aksi kekerasan di Negara Tirai Besi itu pada perhelatan Piala Dunia 2018.

Seperti dikabarkan sebelumnya, banyak pihak yang mengkhawatirkan faktor keamanan para penonton dari keberingasan suporter tim tuan rumah.

Apalagi setahun sebelum turnamen Euro 2016 dilangsungkan, ratusan suporter Rusia melakukan olah fisik di hutan-hutan agar bisa menghajar fans Inggris yang menurut mereka hanya berani berbuat onar namun tidak berani adu jotos.

Namun kekhawatiran tersebut, yang kebanyakan berasal dari media asal Inggris, ditampik oleh Gianni Infantino yang meyakini aparat Rusia tidak akan membiarkan nama negaranya tercoreng oleh aksi kekerasan.

Bagi Igor Lebedev, yang berasal dari partai oposisi Liberal Democratic Party dan ketua Persatuan Sepak Bola Rusia, idenya tersebut akan menjadi wadah bagi para penggila kekerasan dalam olahraga si kulit bundar.

“Rusia akan menjadi pionir dari jenis olahraga baru. Ketika fans datang, sebagai contohnya, dan langsung mencari-cari cara untuk berkelahi. Mereka akan mendapatkan jawabannya, sebuah tantangan yang diterima. Bersua di sebuah stadion dengan waktu tertentu,” tulis Lebedev pada laman resmi partainya.

Kala disinggung perihal keributan antara fans Rusia dan Inggris di Euro kemarin, Lebedev mengaku “tidak melihat hal-hal yang salah dari perkelahian para suporter”.