Arjen Robben Pensiun Dari Timnas Belanda

Arjen Robben mencetak dua gol pada penampilan terakhirnya dengan timnas Belanda untuk membantu mereka mengalahkan Swedia dan pilih pensiun.

Hasil Belanda vs Swedia, Arjen Robben, Kualifikasi Piala Dunia
Hasil Belanda vs Swedia, Arjen Robben, Kualifikasi Piala Dunia

Arjen Robben telah mengkonfirmasi pengunduran dirinya dari sepakbola internasional setelah Timnas Belanda gagal ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Arjen Robben mencetak dua gol pada penampilan terakhirnya dengan timnas Belanda untuk membantu mereka mengalahkan Swedia dalam kualifikasi terakhir mereka di Amsterdam.

Tapi Belanda perlu melakukan misi yang tidak mungkin, mereka harus menang dengan tujuh gol untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Meski Robben mencetak dua gol dan memperoleh kemenangan 2-0, dia dan rekan satu timnya tidak bisa mengakhiri kualifikasi yang mengerikan dengan kesuksesan.

Berbicara setelah pertandingan, Robben mengatakan: “Saya ingin fokus pada klub saya sekarang. Ini saat yang tepat untuk memberikan kesempatan kepada generasi berikutnya.”

Robben telah menjadi pemain kunci bagi negaranya sejak ia melakukan debutnya di usia 19 tahun dalam pertandingan persahabatan melawan Portugal pada April 2003 yang silam.

Dia telah bermain di tiga final Piala Dunia dan tiga Piala Eropa untuk tim nasional Belanda. Tidak diragukan lagi momen terbaiknya datang pada tahun 2010 saat ia membantu Belanda mencapai final Piala Dunia – meskipun ia tidak dapat pulang ke rumah dengan membawa trofi setelah Spanyol mengalahkan mereka 1-0.

Empat tahun kemudian ia menjadi bagian dari skuad Louis van Gaal yang mengalahkan tuan rumah Brasil untuk menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2014.

Namun, kemunduran Belanda yang stabil dimulai setelah petualangan mereka di Amerika Selatan. Mereka gagal lolos ke Piala Eropa 2016 dan melanjutkan kemerosotan mereka ke dalam babak kualifikasi saat ini.

Robben mencatatkan beberapa statistik yang cukup mengesankan di kancah internasional. Dia meraih 96 penampilan untuk negaranya dan mencetak gol sebanyak 37 kali. Ia juga memberikan 29 assist untuk rekan-rekannya di Belanda.

Sepakbola.cc