Arjen Robben Pensiun, Sepakbola Kehilangan Pemain Terbaik

  • Pelatih Belanda Dick Advocaat memberi penghormatan kepada Arjen Robben setelah pensiun dari sepak bola internasional

Arjen Robben

Arjen Robben yang merupakan pemain sayap Bayern tersebut mengumumkan pengunduran dirinya dari tugas Belanda pada hari Selasa dan Dick Advocaat tidak ragu bahwa kualitasnya akan sangat dirindukan.

Pelatih Belanda Dick Advocaat memberi penghormatan kepada Arjen Robben setelah pensiun dari sepak bola internasional, menerima bahwa mereka “akan kehilangan” salah satu “pemain terbaik” dunia.

Robben adalah bintang utama dalam pertandingan pada hari Selasa ketika Swedia mengunjungi Amsterdam, mencetak dua gol saat Belanda menang 2-0.

Hasil itu tak cukup membawa Belanda untuk mempertahankan harapan kualifikasi Piala Dunia mereka tetap hidup, dengan mereka membutuhkan tujuh gol untuk mengeliminasi Swedia ke tempat play-off.

Setelah konfirmasi bahwa ambisi Piala Dunia mereka secara resmi berakhir, Robben tidak menunda keputusannya untuk mengumumkan bahwa capsnya yang ke-96 untuk Oranje akan menjadi yang terakhir, dan Advocaat – yang masa depannya juga tidak jelas – menyesal melihatnya pergi.

Berbicara kepada wartawan setelah pertandingan, Advocaat mengatakan: “Arjen adalah, masih ada, salah satu pemain terbaik di dunia. Dia masih akan melakukan tugasnya di tingkat klub.”

“Tapi ini benar-benar kehilangan tim nasional, bermain tanpa dia, karena dia adalah pemain berkualitas. Kami akan merindukannya, tidak ada keraguan tentang itu.”

Belanda berarti telah absen dalam dua kompetisi besar secara beruntun pasca mereka juga gagal lolos ke Euro 2016 lalu di Prancis.

Dan meski begitu, Robben tetap menaruh kepercayaan pada tim nasionalnya bahwa mereka memiliki masa depan yang cerah di depan.

“Jika Anda di sekolah, anak-anak yang bermain sepak bola, Anda memberikan segalanya untuk menang … Jika Anda tidak berhasil, itu adalah kekecewaan besar. Maka tidak apa-apa menjadi sedih, tapi waktu yang lebih baik akan datang.”