Australia Lolos ke Piala Dunia untuk Ke-4 Kalinya

Australia lolos ke Piala Dunia untuk keempat kalinya setelah kalahkan Honduras, 3-1, di leg kedua babak playoff kualifikasi antarbenua Piala Dunia 2018, Rabu (15/11) sore WIB.

Timnas Australia vs Honduras
Timnas Australia vs Honduras

Setelah bermain imbang tanpa gol di leg pertama, pemain depan Aston Villa Mile Jedinak yang lakukan tendangan bebas di 53 menit membuat defleksi yang membuat pemain Honduras, Henry Figueroa, ‘membantu’ terciptanya gol pertama Australia dan pecahkan kebuntuan dalam laga ini.

Jedinak memborong tiga gol kemenangan Australia. Dua di antaranya dibukukan gelandang 33 tahun itu dari titik putih. Pertama, Australia dapat hadiah penalti karena handball pemain lawan, Bryan Acosta.

Lalu, Johnny Palacios lakukan pelanggaran di area terlarang hingga Australia sukses mencetak gol ke tiga di Australia Stadium, Sydney. Sedangkan tim tamu Honduras, hanya bisa membalas dengan satu gol, yang dibukukan Alberth Elis di masa injury time 90+4.

Pertandingan itu digelar di hadapan 76.080 suporter the Socceroos, namun berlangsung dalam suasana tegang saat Timnas Australia awalnya harus berjuang keras patahkan lawan mereka.

Dengan berlakunya aturan gol tandang, Australia masih rentan setelah mereka mencetak gol pembuka. Namun, dua penalti membuat Australia bisa bernafas lega sebelum peluit akhir berbunyi.

Dalam pertandingan ini, ada tujuh kartu kuning yang dikeluarkan wasit. Empat kartu kuning diberikan pada pemain Australia, tiga lainnya untuk para pemain Honduras – yang sebelumnya mengklaim bahwa sesi latihan mereka dimata-matai tim tuan rumah dengan gunakan drone.

“Tim ini telah lalui banyak hal. Dari cara kami ingin bermain, tidak lolos secara otomatis, jalani pertandingan sulit melawan Suriah dan kami juga harus mendengar omongan seperti itu sebelum pertandingan yang satu ini,” ujar gelandang veteran Mark Millgan yang sudah jadi bagian dari tiga keikutsertaan terakhir Timnas Australia di ajang Piala Dunia.

Australia jadi tim ke-31 yang berhasil merebut tiket ke Piala Dunia Rusia musim panas 2018 mendatang. Berikutnya, akan ada Selandia Baru atau Peru yang akan lengkapi daftar 32 tim peserta.

Adapun pertandingan leg kedua babak playoff kualifikasi antarbenua antara Peru kontra Selandia Baru akan digelar di Lima, Kamis (16/11) pagi pukul 09:15 WIB. Sebelumnya ke dua tim ini bertemu di Wellington dan bermain imbang, 0-0.

Sepakbola.cc