Gilabola.com

Australia Dukung Penambahan Peserta Piala Dunia

Berita Bola, Piala Dunia – Australia ternyata sangat mendukung penambahan peserta Piala Dunia yang sebelumnya tuai protes.

Chief executive Federasi Sepak Bola Australia (FFA), David Gallop, percaya rencana ekspansi dari Piala Dunia FIFA mencerminkan pertumbuhan sepak bola, terutama di Asia.

Pada hari Selasa (10/01), FIFA sepakat untuk memperluas jumlah peserta Piala Dunia untuk sebuah turnamen yang berisi 48 tim pada tahun 2026 setelah mengadakan pertemuan di Zurich.

Format baru akan melihat putaran final menampilkan 16 kelompok yang diisi tiga negara sebelum babak sistem gugur 32 tim. FIFA yang dipimpin oleh presiden Gianni Infantino telah banyak dikritik tapi FFA menyambut perubahan tersebut.

“Australia adalah bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di mana pertumbuhan paling signifikan dan investasi terjadi dan kami berharap tren ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang saat mengarah ke ekspansi Piala Dunia,” kata Gallop dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (11/01).

“Saat kualitas sepakbola Asia terus membaik, Asosiasi Anggota AFC dibenarkan dan akan mendapatkan representasi yang lebih besar di Piala Dunia FIFA.”

“Sementara itu kami akan tetap fokus pada pencapaian kualifikasi untuk Socceroos demi Piala Dunia tahun depan di Rusia dan kami berharap seluruh warga Australia akan berada di belakang tim ini untuk pertandingan kualifikasi terakhir mereka.”

Juara Asia saat ini, Australia berada di urutan ketiga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia AFC, satu poin di belakang Arab Saudi dan Jepang setelah lima pertandingan di Grup B.

Selain itu juga, diketahui bahwa perkembangan sepak bola di Asia memang ditandai dengan berbagai hal kompetitif, dimulai dengan sepak bola negeri China yang rela menghabiskan dana besar untuk mendapatkan pemain bintang kelas dunia seperti nama Oscar dari Chelsea dan Carlos Tevez dari Boca Junior, hingga munculnya klub-klub yang mampu bersaing secara finansial dan profesional.