Belanda Gagal Lolos Piala Dunia 2018, Arjen Robben Pensiun

  • Gagal membawa Belanda ke Piala Dunia 2018 Rusia, Arjen Robben pun memutuskan pensiun dari tim nasional dan memilih fokus di klub.

Arjen Robben
Arjen Robben

Arjen Robben memutuskan untuk pensiun membela tim nasional Belanda pasca membobol dua kali gawang Swedia dalam pertandingan pamungkas kualifikasi Piala Dunia.

Pada laga yang dilangsungkan di Amsterdam ArenA, Rabu (11/10) dini hari WIB tadi, tuan rumah Belanda hanya bisa menang dengan selisih dua gol saja. Padahal dibutuhkan minimal tujuh gol tanpa kebobolan untuk bisa meraih tiket playoff menggeser Swedia.

Kegagalan masuk ke kompetisi besar ini merupakan yang kedua kalinya secara beruntun pasca mereka hanya bisa menjadi penonton di turnamen Euro 2016 Perancis.

Sadar dirinya sudah tidak bisa membela Belanda lagi di Piala Eropa dan Piala Dunia berikutnya karena saat ini sudah menginjak 33 tahun, Arjen Robben memutuskan mundur dari timnas.

Ucapan terima kasih pun muncul dari para suporter yang memberikan standing ovation kepada Robben dan teriakan ‘Arjen, terima kasih’ karena telah berusaha maksimal.

“Saya ingin menunjukkan untuk terakhir kalinya apa yang bisa saya lakukan.,” ujar Robben sesuai laga.

Kini dengan berakhirnya tugas bagi negaranya, Robben bisa fokus sepenuhnya untuk membawa Bayern Munchen menjuarai Liga Champions dan kompetisi domestik.

“Manusia gelas telah menjalani karir terlama,” katanya, merujuk kepada tubuhnya yang rentan cedera.

“Saya sudah berpikir soal ini dalam waktu yang lama. Saya sempat mempertimbangkannya namun terus bermain. Saya ingin mengakhiri kualifikasi ini.”

“Saya berusia 33 tahun sekarang. Bermain di klub top Eropa dan ingin berkonsetrasi ke level klub untuk sekarang.”

“Ini juga menjadi waktu yang baik untuk memberikan tongkat estafet. Saya merasa masih sangat baik dan ingin berada di kondisi teratas selama mungkin.”

“Saya sangat bangga dan terhormat dengan enam turnamen besar yang pernah saya ikuti. Yang terindah adalah ketika berada di Piala Dunia 2010 dan 2014, di mana kami hampir menjadi juara. Tapi ada juga kenangan-kenangan indah lainnya selama 14 tahun.”

Sepanjang karirnya bersama Timnas Belanda, Arjen Robben telah membuat 37 gol dari 96 penampilan.