FIFA Larang Palestina Jadi Tuan Rumah Laga Sepakbola

Sampai siang tadi masih tercantum jadwal sepakbola pertandingan Palestina vs Arab Saudi dalam rangka kualifikasi Piala Dunia 2018. Petang tadi jadwal tersebut lenyap. Apa yang terjadi? Rupanya FIFA melarang Palestina menggelar laga sepakbola di tanah mereka sendiri. Ada dua alasan ….

Piala Dunia  - FIFA Larang Palestina Jadi Tuan Rumah Laga Sepakbola

Berita Bola : Sampai siang tadi masih tercantum jadwal sepakbola pertandingan Palestina vs Arab Saudi dalam rangka kualifikasi Piala Dunia 2018. Petang tadi jadwal tersebut lenyap. Apa yang terjadi? Rupanya FIFA melarang Palestina menggelar laga sepakbola di tanah mereka sendiri. Ada dua alasan ….

FIFA telah memerintahkan Palestina untuk tidak menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi dan Malaysia. Kedua pertandingan itu sekarang harus dimainkan di “daerah netral”.

Arab Saudi menarik diri dari pertandingan hari Kamis melawan Palestina di Ramallah, dengan memakai alasan “situasi luar biasa” di sekitar laga tersebut, seperti dilaporkan oleh BBC.

Banyak negara-negara Arab menolak untuk bermain sepak bola di Tepi Barat, dengan alasan bahwa hal itu melegitimasi pendudukan Israel di wilayah itu.

Pertandingan tandang Malaysia melawan Palestina pada tanggal 12 November juga akan dipindahkan lokasinya.

Dalam dua bulan terakhir telah terjadi lonjakan kekerasan antara Palestina dan Israel di wilayah tersebut.

FIFA mengatakan keputusan itu dikeluarkan menyusul satu pertemuan yang diadakan di Palestina pada hari Selasa antara petugas keamanan FIFA dan pemerintah setempat, setelah pemerintah Palestina menegaskan mereka “tidak bisa lagi menjamin keselamatan dan keamanan di sekitar pertandingan terkait.”

Malaysia juga telah menulis surat kepada FIFA, meminta pertandingan mereka dipindahkan dari Hebron, tetapi kemudian setuju untuk memainkan pertandingan di tempat aslinya dengan opsi menarik diri dari pertandingan hingga 24 jam sebelum kick-off jika kerusuhan meningkat.

Awal tahun ini, Arab Saudi mengatakan akan menolak untuk melakukan perjalanan ke Tepi Barat untuk laga tersebut. Tapi Asosiasi Sepakbola Palestina menolak tuntutan mereka untuk memindahkan pertandingan mengklaim hal itu akan menjadi “preseden yang berbahaya”.

Kedua game sekarang akan dimainkan di tempat lain di Asia, namun lokasi jelasnya belum diputuskan, dengan pertandingan Palestina melawan Arab Saudi akan berlangsung pada tanggal 9 November – empat hari mundur dari jadwal semula. Pertandingan palestina vs Malaysia tetap berlangsung pada tanggal 12 November.

Palestina telah menjadi anggota FIFA sejak tahun 1998 dan memainkan kualifikasi Piala Dunia pertama mereka di Wilayah Palestina pada tahun 2011. Mereka lolos Piala Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2014.

 

Sepakbola.cc