FIFA Resmi Skorsing Blatter, Platini, dan Valcke

FIFA telah secara resmi menjatuhkan skorsing atas Presiden Sepp Blatter, Sekjen Jerome Valcke dan wakil presiden Michel Platini selama 90 hari.

Piala Dunia  - FIFA Resmi Skorsing Blatter, Platini, dan Valcke

Berita Bola : FIFA telah secara resmi menjatuhkan skorsing atas Presiden Sepp Blatter, Sekjen Jerome Valcke dan wakil presiden Michel Platini selama 90 hari. 

Mantan wakil presiden FIFA Chung Mong-joon telah kena skorsing selama enam tahun dan didenda Rp 1,4 Milyar.

Hukuman itu dijatuhkan oleh komite etika FIFA.

Belum diekathui dampak dari skorsing ini untuk pencalonan presiden FIFA yang diajukan oleh Platini dan Chung.

Blatter, Valcke dan presiden UEFA Platini sedang diselidiki oleh komite tersebut atas tuduhan korupsi.

“Alasan untuk keputusan ini adalah investigasi yang sedang dilakukan oleh komisi investigasi komite etik,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ketiganya dilarang melakukan kegiatan sepak bola sementara ini. Mereka menyangkal melakukan kesalahan.

Komite etika FIFA memulai penyelidikan atas Blatter setelah Jaksa Agung Swiss membuka proses pidana terhadap pria berusia 79 tahun tersebut beberapa pekan silam.

Dia dituduh menandatangani kontrak yang “tidak menguntungkan” untuk FIFA dan membuat “pembayaran kompensasi atas ketidaksetiaan” kepada Platini – yang juga menjadi presiden badan sepak bola Eropa, UEFA.

Komite etik juga membuka penyelidikan pembayaran kepada Platini sebanyak Rp 31,4 Milyar yang dilakukan sembilan tahun setelah melakukan pekerjaan konsultasi kepada Blatter.

Valcke sendiri sudah diliburkan dari jabatannya menyusul satu tuduhan oleh media bulan lalu yang mengatakan pria berusia 54 tahun itu terlibat dalam sebuah skema untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket Piala Dunia.

 

Sepakbola.cc