Brazuca, Bola Dengan Disain Baru Untuk Piala Dunia 2014 di Brasil

  • Setiap tahun versi terbaru dari bola untuk gelaran Piala Dunia selalu menjadi berita. Sekarang fisikawan dilibatkan dan juga pemain sepakbola untuk mencobanya terlebih dahulu, untuk melihat seberapa baik performa bola terbaru untuk Piala Dunia 2014 di Brasil nanti. Pada awalnya, bentuk bola untuk Piala Dunia tidak berbeda jauh dengan  bola yang beredar di pasaran saat itu, terdiri dari 32 panel kulit yang […]

Piala Dunia  - Brazuca, Bola Dengan Disain Baru Untuk Piala Dunia 2014 di Brasil

Setiap tahun versi terbaru dari bola untuk gelaran Piala Dunia selalu menjadi berita. Sekarang fisikawan dilibatkan dan juga pemain sepakbola untuk mencobanya terlebih dahulu, untuk melihat seberapa baik performa bola terbaru untuk Piala Dunia 2014 di Brasil nanti.

Pada awalnya, bentuk bola untuk Piala Dunia tidak berbeda jauh dengan  bola yang beredar di pasaran saat itu, terdiri dari 32 panel kulit yang dijahit dengan tangan. Namun bola yang digunakan dalam turnamen Piala Dunia telah berubah sejak 2006, ketika Adidas meluncurkan Teamgeist, boa yang terbuat dari hanya 14 panel yang direkatkan, tidak dijahit .

Kemudian Adidas juga  memperkenalkan bola untuk Piala Dunia selanjutnya dengan beragam disain terbaru: mulai dari delapan panel bola Jabulani bola pada tahun 2010 dan yang terbaru untuk laga Piala Dunia 2014 yang bakal dimulai pada 12 Juni di São Paulo , Brazil – hanya menggunakan enam panel dan dinamakan Brazuca .

Akankah perubahan dalam desain membuat perbedaan dalam permainan ? Itulah yang Sungchan Hong dan rekan-rekannya di University of Tsukuba ingin mencari tahu . Memanfaatkan beberapa disain bola, terowongan angin, dan robot , mereka menemukan bahwa pembuatan sebuah bola benar-benar mempengaruhi bagaimana ia akan terbang di udara .

Apa yang paling mempengaruhi dalam gerakan bola adalah drag atau dalam bahasa umum tahanan angin, kekuatan yang membuatnya meluncur membentuk kurva dengan cara yang tak terduga. Ternyata, semakin mulus permukaan bola, semakin besar pula hambatan pada kecepatan yang lebih tinggi dan dengan panel sedikit yang ditempel bukannya dijahit, bola untuk  Piala Dunia telah semakin canggih kini permukaannya.

Itulah sebabnya tahun ini bola Brazuca dilapisi dengan permukaan yang sedikit sambungan – upaya untuk mengurangi apa yang disebut efek knuckling , yang menyebabkan bola bergerak tak terduga melalui udara seperti knuckleball dalam bisbol .

Piala Dunia  - Brazuca, Bola Dengan Disain Baru Untuk Piala Dunia 2014 di Brasil

Di terowongan angin, Hong menemukan masalah pada bola versi lawas Jabulani, pola sambungan berpengaruh pada perubahan tekanan. Ini karena bola Jabulani menggunakan 8 panel kulit, ini juga terjadi pada bola berpanel 14, bola Teamgeist, yang masing-masing mengarah tak terduga saat ditendang, tak teratur, melengkung lebih atau kurang tergantung pada posisi sambungan saat ditendang.

Berbeda dengan bola terbaru Brazuca yang memiliki 6 panel kulit, bola ini tampaknya jauh lebih dapat diandalkan , menunjukkan sedikit perbedaan dalam perilaku tidak peduli meski bola itu berputar di udara. Ini karena cara menyusun panel Brazuca berbeda, ditambah lagi  dengan permukaan kasar yang didisain oleh Adidas ditambahkan untuk mengurangi drag .