Cara Alami Terhindar dari Cedera dalam Sepakbola

Banyak pemain sepakbola mengalami cedera, baik cedera ringan maupun berat. Namun bukan hanya sepakbola saja, olahraga lain tentu pernah mengalami cedera. Berikut ada beberapa cara alami agar terhindar dari cedera: 1. Peralatan olahraga Memilih sepatu sebenarnya gampang-gampang sulit, apalagi bila sepatu yang dipilih adalah sepatu untuk aktivitas olahraga. Kesesuai desain dan fungsi sepatu sangat berpengaruh […]

Cara Alami Terhindar dari Cedera dalam Sepakbola

Banyak pemain sepakbola mengalami cedera, baik cedera ringan maupun berat. Namun bukan hanya sepakbola saja, olahraga lain tentu pernah mengalami cedera.

Berikut ada beberapa cara alami agar terhindar dari cedera:

1. Peralatan olahraga

Memilih sepatu sebenarnya gampang-gampang sulit, apalagi bila sepatu yang dipilih adalah sepatu untuk aktivitas olahraga. Kesesuai desain dan fungsi sepatu sangat berpengaruh pada peforma seorang pemain atau yang berolahraga. Bila Anda teliti mengamati sepatu-sepatu yang dijual di toko atau swalayan, maka dapat dilihat bahwa bentuk sepatu olahraga bermacam-macam. Bahkan untuk satu cabang olahraga saja dibutuhkan beberapa jenis sepatu yang disesuaikan dengan medan atau area bermain.

Sebagai contoh sepatu futsal dan sepatu bola sepertinya mirip. Namun bila diperhatikan seksama ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis sepatu ini, terutama di alas sepatu atau biasa disebut dengan sol. Sol sepatu bola dibuat bergigi lebih tinggi daripada sepatu futsal, kenapa? Karena lapangan bola merupakan lapangan yang penuh dengan rumput dan tanah liat. Sepatu yang tidak pas akan menyebabkan seorang pemain akan terpeleset dan pastinya cedera.

Tidak hanya sepatu saja yang harus disesuaikan dengan jenis olahraga, perlengkapan lainnya juga penting untuk ditinjau lagi. Misalnya jenis pakaian yang digunakan apakah sudah sesuai dengan olahraga yang dimainkan atau belum. Kaos pemain basket tentu sangat berbeda dengan pemain bola atau kastil. Pemain basket memerlukan sebuah pakaian yang memungkinkan mereka gampang bergerak dengan tangan, melompat atau menggiring bola.

2. Pemanasan

Pemanasan sering dianggap sebagai aktivitas yang remeh dan tidak banyak bermanfaat bagi sebagian orang. Akibatnya mereka mengalami cedera pada bagian tubuhnya, khususnya yang berhubungan dengan otot.

Pemanasan yang dilaksanakan dengan baik akan member banyak manfaat pada seorang pemain. Yang pertama yaitu tubuh tidak akan merasakan hentakan beratnya aktivitas yang dijalani. Misalnya seorang pemain futsal langsung bermain tanpa pemanasan. Tentu otot-otot tubuhnya kaget karena belum pemanasan, dampakanya dia akan merasakan sakit atau tegang pada area tertentu setelah permainan selesai.

Akan lebih asyik bilamana pemanasan dilakukan secara berkelompok atau setim. Tidak mengherankan bila Anda rutin melakukan pemanasan bersama guru olah raga saat masih sekolah.

3. Ketahui kondisi area bermain

Cara yang terakhir untuk menghidarkan diri dari kecelakaan olahraga adalah mengetahui kondisi lapangan yang akan dimainkan. Caranya dengan menyempatkan diri untuk berkeliling santai saat pertandingan atau permainan dimulai. Amatilah seksama lapangan yang dimainkan, mulai dari jenis tanah atau rumput yang dipakai, seberapa luas lapangan dan lain sebagainya. Bila perlu tanyakan kepada petugas yang betanggung jawab di lapangan tentang kondisi lapangan secara detail.

Sepakbola.cc