Chile Gagal, Arturo Vidal Pensiun

Gelandang Bayern Munchen Arturo Vidal memutuskan pensiun dari tugas internasional pada usia 30 tahun setelah Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Arturo Vidal - Timnas Chile
Arturo Vidal - Timnas Chile

Arturo Vidal mengatakan keputusannya untuk pensiun diambil dalam suasana “jiwa yang hancur”. Terutama karena ia harus absen dalam laga terakhir Chile di kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Rabu (11/12) pagi WIB lantaran terkena skorsing.

Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah menyerah kalah 3-0 kepada tuan rumah Brasil pada laga terakhir kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di San Paolo kemarin.

Mantan pemain Juventus tersebut, yang bersama Alexis Sanchez dari Arsenal, adalah bagian dari generasi emas timnas Chile yang sukses merebut gelar Copa America pada 2015 dan 2016.

“Terima kasih banyak, untuk semuanya, selama bertahun-tahun bersama … karena mengajari saya dan karena telah menunjukkan kepada saya arti usaha dan kerja keras dalam hidup demi negara,” tulis Vidal dalam bahasa Spanyol di Twitter.

Chile, yang dikalahkan Brasil pada babak 16 besar di Piala Dunia 2010 dan 2014, kalah dengan skor yang buruk oleh Brasil pada laga di Sao Paulo kemarin.

Dua gol dari Gabriel Jesus dan satu dari gelandang Barcelona Paulinho memberikan kemenangan pemuncak klasemen zona Conmebol, Brasil, yang berarti pula Chile harus memupuskan harapan mereka untuk berkompetisi di Piala Dunia tahun depan

Chile menyelesaikan kompetisi dengan jumlah poin yang sama dengan Peru, yaitu 26 poin. Namun Peru yang mendapat jatah lolos ke playoff dua leg melawan Selandia Baru, karena unggul selisih gol atas Chile yang harus rela duduk di posisi keenam.

Manajer Chile asal Argentina Juan Antonio Pizzi juga mengumumkan pengunduran dirinya setelah gagal membawa tim nasional ke putaran final Piala Dunia.

Sepakbola.cc