Cristiano Ronaldo di Awal Karirnya

  •   Karir sepakbola Cristiano Ronaldo diawali sejak ia berumur 8 tahun. CR bergabung pada club CF Andorinha, yang berbasis di Funchal. Andorinha adalah sebuah klub sepakbola di Portugal yang dirikan pada 6 Mei 1925. Pada 1995 dia pindah ke Clube Desportivo Nacional, memperkuat sebuah klub sepakbola yang juga berbasis di Funchal. Klub yang bermain di […]

Cristiano Ronaldo di Awal Karirnya

 

Karir sepakbola Cristiano Ronaldo diawali sejak ia berumur 8 tahun. CR bergabung pada club CF Andorinha, yang berbasis di Funchal. Andorinha adalah sebuah klub sepakbola di Portugal yang dirikan pada 6 Mei 1925.

Pada 1995 dia pindah ke Clube Desportivo Nacional, memperkuat sebuah klub sepakbola yang juga berbasis di Funchal. Klub yang bermain di divisi utama Super Liga ini, berdiri sejak tahun 1910. Pada tahun 1999 di usia yang keempat belas tahun, CR hijrah ke Sporting Clube de Portugal, klub ini populer dengan sebutan Sporting Lisboa, sudah ada sejak sejak tahun 1906.

Sporting Lisboa adalah sebuah klub yang membina dan melatih pemain remaja untuk dapat menjadi pemain sepakbola tangguh. Prestasi club ini memang lumayan istimewa untuk ajang pertandingan tingkat nasional. Setidaknya pernah 18 kali menjuarai Liga Portugal dan sekali menyabet Piala Winners pada 1964.

Permainan cantiknya di klub-klub tadi menjadikan CR sebagai pemain sepakbola berbakat, dan makin dikenal oleh klub-klub sepakbola lainnya. Permainan cemerlang CR akhirnya diketahui oleh manajemen Manchester United (MU), yang berbasis di Stadion Old Trafford, Inggris. Dari sini CR semakin mengkilap.

Pinangan MU ini pun disambut baik oleh CR, dan pada 2003 secara resmi ini merupakan debut awalnya sebagai pemain sepakbola professional tingkat dunia. Perlu diketahui, MU adalah sebuah klub asal Inggris, yang pada awal berdirinya pada tahun 1878, mempunyai nama Newton Heath L&YR F.C.

Klub papan atas Inggris ini pada mulanya adalah klub sepakbola karyawan perusahaan kereta api Lancasshire dan Yorkshire Railway yang berbasis di Newton Heath. Nama Manchester United secara resmi digunakan untuk menggantikan nama Newton Hetah L&YR F.C pada tahun 1902.

CR sebagai pemain sepak bola professional dunia semakin cemerlang berkat asuhan dan arahan Sir Alex Ferguson, pelatih MU. Bila semula CR dikenal sebagai pemain yang individual, kini dia sudah mulai bisa bekerjasama dalam tim. Potensi CR yang mampu berlari dengan cepat itu semakin berkembang sempurna berkat dukungan kerja sama dari rekan satu timnya.

Kini CR bergabung dengan klub Real Madrid.