Deretan Tim Yang Lolos ke Piala Dunia dan Play Off dari Zona Eropa

  • Berikut adalah deretan tim Eropa yang lolos ke Piala Dunia 2018 dan delapan tim yang lolos ke babak play off.

Piala Dunia 2018

Pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa pada Rabu (11/10) dini hari WIB, ditandai dengan lolosnya Portugal dan Prancis, serta gagalnya Belanda melaju ke putaran final di Rusia tahun depan.

Portugal lolos sebagai Grup B usai mengalahkan Swiss 2-0 dinihari WIB. Dengan kemenangan ini, Portugal mengantongi nilai 27, unggul selisih gol atas Swiss yang harus bermain di babak play off bulan depan. Dua gol Portugal didapat dari hasil bunuh diri Johan Djourou (41), dan Andre Silva (57).

Sedangkan langkah Prancis ditentukan lewat kemenangan 2-1 atas Belarusia. Prancis memimpin klasemen Grup A dengan nilai 23, unggul empat poin atas Swedia yang berada di posisi kedua.

Adapun Belanda harus menelan pil pahit gagal melaju ke play-off, meski berhasil mengalahkan Swedia 2-0 dalam aga terakhir Grup A dinihari WIB tadi. Nilai mereka sama dengan Swedia, yaitu 19 poin, namun mereka kalah dalam selisih gol, sehingga Swedia yang berhak ke babak play-off.

Dengan berakhirnya kualifikasi Piala Dunia pada Rabu (11/10) dini hari WIB tadi, maka lengkap sudah 9 tim juara grup dari zona Eropa yang lolos ke Rusia tahun depan. Mereka adalah Prancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, dan tim debutan Islandia.

Sedangkan delapan tim runner-up yang akan memperebutkan empat tiket melalui babak play off  adalah, Swiss, Italia, Denmark, Kroasia, Swedia, Irlandia Utara, Yunani dan Republik Irlandia.

Slovakia yang keluar sebagai runner up Grup F, harus rela kehilangan kesempatan tampil di play off, karena hanya delapan tim runner terbaik yang diambil untuk memperebutkan empat tiket sisa.

Pengundian babak play off akan digelar di Zurich, pada Selasa, 17 Oktober 2017. Pertandingan akan dilangsungkan pada 9 dan 14 November, menggunakan format home-away.

Zona Eropa mendapat jatah  15 tim, termasuk tuan rumah Rusia, yang tampil di putaran final Piala Dunia 2018 mendatang.

Berikut adalah daftar tim dari Eropa yang lolos ke Piala Dunia dan ke babak Play-Off:

  • Grup A : Prancis, Swedia (play off)
  • Grup B : Portugal, Swiss (play off)
  • Grup C: Jerman, Irlandia Utara (play off)
  • Grup D : Serbia, Irlandia (play off)
  • Grup E : Polandia, Denmark (play off)
  • Grup F: Inggris
  • Grup G: Spanyol, Italia (play off)
  • Grup H : Belgia, Yunani (play off)
  • Grup I : Islandia, Kroasia (play off)