Dick Advocaat Tutup Karir, Catat Rekor Kemenangan Belanda

Dick Advocaat mengakhiri kesempatan ketiganya sebagai bos Timnas Belanda, termasuk untuk Piala Dunia dengan torehan bagus.

Dick Advocaat

Pelatih veteran Dick Advocaat merebut kemenangan ke-37 saat menjalani pertandingan terakhirnya bersama Der Oranje, memecahkan rekor yang telah bertahan selama 77 tahun

Dick Advocaat mengakhiri kesempatan ketiganya sebagai bos Belanda dengan torehan bagus setelah memenangi rekor dengan 37 kemenangan dalam pertandingan sebagai manajer tim nasional.

Der Oranje mengalahkan Rumania 3-0 pada hari Rabu WIB saat Dick Advocaat melampaui angka kemenangan sebelumnya yang ditorehkan pendahulunya dari Inggris Bob Glendenning dengan 36 kemenangan, yang didicapai antara 1925 dan 1940.

Setelah sebelumnya memegang jabatan tersebut dari tahun 1992 sampai 1994 dan 2002 sampai 2004, Advocaat kembali bekerja pada bulan Mei dalam sebuah usaha yang akhirnya gagal untuk menghidupkan kembali harapan Piala Dunia Belanda yang harus pupus usai kalah bersaing dengan Prancis dan Swedia di penyisihan grup.

Meski memenangi enam dari tujuh pertandingan saat bertanggung jawab di tim nasional, pelatih berusia 70 tahun itu yakin dia membuat keputusan yang tepat untuk mundur dari tim nasional.

“Saya berhenti karena saya pikir sudah waktunya untuk generasi yang lain melanjutkan pekerjaan ini,” kata Advocaat dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh KNVB.

“Saya tidak meragukan [keputusan saya]. Ini saatnya orang muda yang mengambil alih, saatnya mereka menunjukkannya.”

Advocaat juga memimpin lima negara lain dalam karir manajerialnya selama 27 tahun di dunia sepak bola, namun belum memastikan apakah dia akan melanjutkan karirnya di level klub atau tingkat internasional dengan tim nasional lainnya.

Sementara itu, Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia usai kalah agregat gol dari Swedia, meski di laga terakhir sukses mengalahkan tim Skandinavia itu dengan skor 2-0 di Amsterdam.

 

Sepakbola.cc