FIFA Coret Amerika Gara-gara Donald Trump

Sepakbola – FIFA akhirnya mencoret nama Amerika Serikat gara-gara kelakuan Donald Trump. Gianni Infantino langsung menjelaskan hal tersebut.

FIFA

Gilabola.com – FIFA akhirnya mencoret nama Amerika Serikat gara-gara kelakuan Donald TrumpGianni Infantino langsung menjelaskan hal tersebut.

FIFA melalui Gianni Infantino mengaku tidak senang dengan kebijakan pemerintahan Donald Trump yang menerapkan regulasi larangan masuk ke Amerika Serikat untuk tujuh negara berpenduduk muslim.

Tujuh negara yang penduduknya dilarang masuk ke Negara Paman Sam itu adalah Irak, Iran, Libia, Somalia, Sudan, Siria dan Yaman.

Meski kemudian regulasi tersebut dicabut oleh pengadilan karena dianggap tidak sejalan dengan rasa kemanusiaan dan mencoret Iran sehingga hanya ada enam negara saja, Gianni Infantino masih merasa khawatir.

Ia pun menekan pemerintah Amerika Serikat untuk menunjukkan komitmennya dalam proses penawaran tuan rumah Piala Dunia 2026 nanti.

“Sangat jelas ketika bersinggungan dengan kompetisi yang diadakan oleh FIFA, setiap tim, termasuk para suporter dan ofisial tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia membutuhkan akses ke negara tuan rumah. [Amerika],” tutur pria asal Yunani itu.

“Jika tidak bisa, maka tidak akan ada Piala Dunia [di Amerika]. Itu sudah jelas,” tegasnya, seperti dikutip dari Marca.

Regulasi imigrasi Trump ini tentu saja merugikan Amerika Sendiri, sebab alih-alih beralasan untuk melindungi warga negaranya, dunia mengecam aturan tersebut sebagai sesuatu yang tidak masuk akal dan melanggar hak asasi manusia.

Apalagi Amerika diunggulkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, yang bertepatan dengan penambahan kontestan menjadi 48 tim sehingga bisa menyulitkan tim-tim dan suporter yang lolos ke putaran final.

Akan tetapi masih belum jelas bagaimana regulasi itu akan menggangu Piala Dunia 2026 sebab turnamen akbar itu akan dilangsungkan ketika Trump sudah meninggalkan Gedung Putih.

Tapi Infantino bersikukuh jika tuan rumah mesti mematuhi persyaratan yang ada pada proses penawaran meski turnamennya masih beberapa tahun lagi.

“Persyaratannya akan jelas dan setiap negara bisa mengambil keputusan, apakah mereka akan melakukan penawaran atau tidak, berdasarkan persyaratan yang ada. Kriteria olahraga pada umumnya.”

Tentu, Infantino kecewa dengan kegagalan tim nasional wanita Tibet yang gagal mendapatkan visa untuk memasuki Amerika Serikat untuk mengikuti turnamen di kota Dallas, April nanti, dengan argumen “tidak ada alasan jelas untuk memasuki Amerika Serikat.”

Padahal para pesepak bola asal Tibet tersebut tinggal di India, yang tidak termasuk ke dalam daftar enam negara terlarang.

Sepakbola.cc