Berita Bola Piala Dunia - Kena Sanksi FIFA Picu Bolivia Balas Lontarkan Kecaman

Berita Bola Piala Dunia - Kena Sanksi FIFA Picu Bolivia Balas Lontarkan Kecaman

 

Kena sanksi FIFA malah memicu pihak Bolivia membalas dengan lontarkan kecaman keras. Hal ini cukup menghebohkan.

Bolivia mengajukan banding atas putusan pengurangan poin pada kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol karena memainkan Nelson Cabrera.

Bolivia menganggap FIFA tidak pernah bertindak sendiri untuk menginvestigasi sebuah masalah tapi menunggu keluhan dari tim lain.

FIFA menjatuhkan hukuman pencabutan poin di dua pertandingan penyisihan Piala Dunia zona Conmebol kepada Bolivia.

Pertandingan yang diambil poinnya adalah kala meladei Peru dan Chile karena Nelson Cabrera dimainkan pada dua laga tersebut. Bukan hanya kehilangan empat poin, Federasi Sepak Bola Bolivia (FBF) pun dikenai denda sebesar Rp 163 juta.

Hal ini disebabkan Cabrera ternyata pernah membela tim nasional Peru sehingga tidak bisa memperkuat timnas negara lain sesuai regulasi FIFA.

Namun kenyataannya Cabrera pernah membela Bolivia setelah mendapatkan kewarganegaraan baru di negara tersebut pada pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat Mei silam dan Copa Amerika Centenario.

Oleh karenanya FBF menilai FIFA kurang aktif dalam pengawasan karena tidak pernah mempermasalahkan ketika Bolivia menurunkan pemain berusia 33 tahun itu dan hanya menunggu keluhan dari tim lain.

“FIFA tidak pernah menginvestigasi atau bertindak sesuai kewenangannya tapi lebih menunggu permintaan dan dalam waktu singkat langsung menjatuhkan sanksi,” tulis pernyataan banding FBF.

“(FIFA) menguntungkan mereka (pihak pelapor) dengan poin dan gol (menang WO) yang tidak pernah mereka dapatkan pada kontes olahraga.”

Dalam empat pertandingan setelah laga kontra Peru dan Chile, Bolivia hanya bisa menang mealwan Paraguay dengan skor akhir 1-0. Kala meladeni Brazil dan Venezuela, Bolivia harus kalah memalukan 5-0 dan dan meraih hasil seri dari Ekuador.

Saat ini Bolivia berada di peringkat kesembilan, diatas Venezuela dengan pengumpulan tujuh poin saja.