FIFA Yakin Ide 48 Tim di Piala Dunia Akan Diterima

58

Presiden FIFA, Gianni Infantino yakin idenya untuk memperbanyak kontestan turnamen Piala Dunia menjadi 48 tim akan segera diterapkan.

FIFA Yakin Ide 48 Tim di Piala Dunia Akan Diterima - berita Piala Dunia

Presiden FIFA, Gianni Infantino yakin idenya untuk memperbanyak kontestan turnamen Piala Dunia menjadi 48 tim akan segera diterapkan.

FIFA Yakin Ide 48 Tim di Piala Dunia Akan Diterima - berita Piala Dunia

Berita Piala Dunia – Gianni Infantino mengaku telah mendapatkan dukungan dari federasi sepak bola di seluruh dunia untuk memperbanyak kontestan Piala Dunia.

Pada saat kampanye pemilihan presiden FIFA, Infantino mengajukan penambahan tim untuk turnamen empat tahunan terbesar di dunia, Piala Dunia, menjadi 32 hingga 40 tim.

Namun pada Oktober kemarin, pria asal Yunani itu menambah jumlah kontestan hingga 48 negara, setelah melihat kesuksesan turnamen Euro 2016 Perancis.

Padahal nada kritikan bermunculan karena ditakutkan akan membuat durasi pelaksanaan turnamen kian lama dan membuat para pemain beresiko cedera.

“Saya masih yakin untuk memperbanyak partisipan di Piala Dunia untuk lebih dari 32 tim,” ujarnya di sela-sela acara Konferensi Olahraga Internasional di Dubai.

“Kami masih mempertimbangkan penambahan tim menjadi 40 atau 48. Sebuah turnamen yang berisikan 48 tim akan memiliki periode waktu (pelaksanaan) yang sama seperti sebelumnya dan para federasi sangat mendukung Piala Dunia dengan lebih banyak tim.”

Seandainya ide tersebut diterima pada Januari nanti, maka akan diterapkan pada Piala Dunia 2026. UEFA sendiri sukses memperbanyak partisipan di turnamen Euro 2016 dari yang sebelumnya 16 menjadi 24 tim.

Kesuksesan UEFA tersebut disebabkan banyaknya tim-tim kejutan seperti, Wales dan Islandia, serta tumbangnya tim-tim besar membuat kompetisi menjadi lebih menarik untuk disaksikan meski harus tercoreng karena masalah keamanan dan hooliganisme.

Di awal Desember, nada sumbang muncul dari Asosiasi klub-Klub Eropa (ECA) yang meminta FIFA untuk tidak menerapkan ide 48 tim tersebut.

“Demi keinginan para fans dan pemain, kami meminta FIFA untuk tidak meningkatkan jumlah partisipan di Piala Dunia,” ujar ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge.