FIFA Bikin Aturan Baru untuk Suporter Piala Dunia 2018

266

Sepakbola – FIFA bikin aturan baru untuk semua suporter pendukung Timnas negara yang berlaga di gelaran akbar Piala Dunia 2018. Cukup sederhana.

Piala Dunia  - FIFA Bikin Aturan Baru untuk Suporter Piala Dunia 2018

Sepakbola – FIFA bikin aturan baru untuk semua suporter pendukung Timnas negara yang berlaga di gelaran akbar Piala Dunia 2018. Cukup sederhana.

FIFA memang terpaksa harus membuat aturan baru untuk suporter di Piala Dunia 2018. Hal ini masih ada hubungannya dengan perang melawan aksi vandalisme para holigans yang doyan rusuh.

Demi bisa menekan angka kerusuhan di Piala Dunia 2018 mendatang, pihak FIFA lantas akan menerapkan aturan yang mewajibkan suporter punya kartu identitas khusus. Kartu identitas khusus itu untuk masuk stadion dan bisa digunakan sebagai visa.

BBC mengabarkan jika kericuhan menodai perhelatan Piala Eropa yang berlangsung di Prancis tahun lalu. Beberapa penonton sampai luka-luka setelah suporter Rusia nekat terlibat bentrok dengan holigan Inggris. Aksi balas dendam ternyata tengah dirancang jelang Piala Dunia 2018.

Masalah ini terendus oleh pihak FIFA. Rusia dikabarkan siap mengeluarkan kartu identitas khusus yang dibutuhkan untuk masuk stadion dan bisa digunakan sebagai visa.

Piala Dunia 2018 memang akan berlangsung di Rusia pada bulan Juni mendatang. Turnamen ini akan digelar di 11 kota. Sebelumnya Rusia sempat didenda dan nyaris didiskualifikasi dari Piala Eropa Prancis 2016 akibat kebrutalan para suporternya yang memang dikenal gahar-gahar. Lantas, apakah kebijakan kartu tersebut akan bisa menekan aksi rusuh mereka?