FIFA Sebagai Induk Sepak Bola Dunia

  Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal dengan nama FIFA berdiri pada 21 Mei 1904 di Paris, […]

FIFA Sebagai Induk Sepak Bola Dunia
FIFA Sebagai Induk Sepak Bola Dunia

 

Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal dengan nama FIFA berdiri pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Organisasi ini merupakan federasi sepak bola yang menaungi asosiasi sepak bola diseluruh dunia. Hal ini sesuai dengan slogan FIFA itu sendiri, yakni for the game, for the world. Badan pengatur sepak bola internasional ini bermarkas di Zurich, Swiss.

Sebagai organisasi skala internasional, organisasi ini berperan aktif dalam mengembangkan sepak bola diseluruh dunia. Tak hanya itu, FIFA bertindak sebagai asosiasi disiplin sepak bola. Artinya, FIFA mempunyai kekuasaan penuh untuk memberikan sanksi kepada setiap pelanggaran dalam dunia sepak bola.

Adapun beberapa tujuan didirikannya organisasi FIFA, yaitu:

– Mempromosikan dan mengembangkan sepak bola diseluruh dunia.
– Bekerja sama dengan asosiasi sepak bola regional untuk memantau perkembangan sepak bola diseluruh kawasan.
– Mengatur transfer pemain ditiap klub.
– Menerbitkan daftar peringkat anggota FIFA secara berkala setiap bulannya.
– Memberikan gelar pemain terbaik dunia kepada setiap pemain yang berlaga disetiap benua setiap tahun.
– Menetapkan peraturan-peraturan mengenai jadwal turnamen dan tuan rumah suatu kompetisi.

Dalam melakukan pengawasan, organisasi FIFA dibantu oleh beberapa konfederasi yang terbentuk disetiap regional. AFC untuk zona Asia dan Australia, CAF untuk zona Afrika, CONMEBOL untuk zona Amerika bagian Selatan, CONCACAF untuk zona Amerika Utara dan Tengah termasuk Karibia, OFC untuk zona Oceania, serta UEFA untuk zona Eropa. Tak hanya pengawasan, organisasi sepak bola ini turut memberikan peraturan mengenai sepak bola.

Peraturan ini ditetapkan oleh IFAB atau International Football Association Board. Dalam melaksanakan tugasnya, FIFA dibantu oleh wakil dari The Football Association, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Asosiasi Sepak Bola Wales, dan Asosiasi Sepak Bola Irlandia Utara.

Berikut daftar presiden FIFA dimulai dari awal berdirinya sampai sekarang:

– Robert Guerin dari Perancis (1904-1906)
– Daniel Burley Woolfall dari Inggris (1906-1918)
– Jules Rimet dari Perancis (1921-1954)
– Rodolphe Seeldrayers dari Jerman (1954-1955)
– Arthur Drewry dari Inggris (1955-1961)
– Sir Stanley Rous dari Inggris (1961-1974)
– Joao Havelange dari Brazil (1974-1998)
– Sepp Blatter dari Swiss (1998 sampai sekarang)

Presiden FIFA memiliki hak penuh untuk memilih presiden dari asosiasi sepak bola dikawasan regional. Dalam sebuah konferensi di tubuh FIFA seringkali terjadi perbedaan pendapat. Jika hal itu terjadi, maka dokumen-dokumen FIFA dalam bahasa Inggris menjadi acuan dalam menyelesaikan sengketa.

Selain bahasa Inggris, bahasa tambahan yang digunakan untuk kongres adalah bahasa Arab, Rusia, dan Portugis. Di samping tugas memajukan sepak bola, sekarang ini sedang digalakan upaya antirasisme dan anti diskriminasi dalam sepak bola karena kedua kasus tersebut kerap terjadi belakangan ini.

Karena organisasi ini merupakan asosiasi disiplin, maka FIFA berhak memberikan sanksi kepada suatu turnamen, negara, pemain, bahkan penonton jika dianggap melanggar peraturan dan etika pertandingan. FIFA dapat memberikan sanksi kepada pemain berupa larangan mengikuti kompetisi dan denda jika terbukti melakukan aksi kekerasan, pelecehan, serta konsumsi alkohol dan narkoba.

Selain itu, FIFA akan menangguhkan tim nasional ataupun klub jika terjadi intervensi dari pemerintah atau pemilik klub yang bersangkutan. Sanksinya berupa larangan mengikuti kompetisi internasional. Jika terjadi kerusuhan antar suporter, akan dikenai sanksi pertandingan tim tersebut tidak boleh disaksikan oleh suporternya.

Turnamen yang diselenggarakan oleh FIFA seperti piala dunia antarklub, piala dunia antarklub wanita, turnamen pria antar negara, turnamen wanita antar negara, dan turnamen futsal antar negara. Turnamen pria antar negara meliputi piala dunia, piala konfederasi, cabang sepak bola dalam olimpiade, piala dunia U-20, serta piala dunia U-17.

Untuk turnamen wanita antar negara hampir sama dengan turnamen pria antar negara, yakni Piala Dunia wanita, cabang sepak bola pada pehelatan olimpiade, Piala Dunia wanita U-20, dan Piala Dunia U-17. Terakhir untuk turnamen futsal meliputi Piala Dunia futsal, Piala Konfederasi Futsal Al-Fateh, dan piala futsal interkontinental.

Dari awal berdirinya sampai sekarang, promosi yang dilakukan oleh organisasi FIFA berhasil memajukan sepak bola sebagai olahraga nomor satu yang paling diminati diseluruh dunia. Maka, junjung tinggi fair play and no racism!

Sepakbola.cc