FIFA Sepakat Tambah Peserta Piala Dunia

65

Berita Bola, Piala Dunia – FIFA telah sepakat untuk memperluas jumlah peserta di Piala Dunia dengan 48 tim mulai tahun 2026.

Piala Dunia  - FIFA Sepakat Tambah Peserta Piala Dunia

Berita Bola, Piala Dunia – FIFA telah sepakat untuk memperluas jumlah peserta di Piala Dunia dengan 48 tim mulai tahun 2026.

Format baru itu yang akan melihat final terdiri dari 16 grup dari tiga tim sebelum babak sistem gugur berisi 32 tim memang akhirnya terpilih dengan voting terbanyak oleh Dewan FIFA pada pertemuan di Zurich, Selasa (10/01)

Presiden Gianni Infantino telah meletakkan rencana untuk ekspansi tersebut sebagai bagian dari kampanye untuk jabatan tertinggi di badan sepak bola dunia pada tahun lalu.

37 anggota dewan diminta untuk memilih favorit mereka dari lima proposal: dua proposal melibatkan 48 tim, dua turnamen melibatkan 40 tim, dan format 32 tim seperti saat ini.

Usulan Infantino telah memenangkan dukungan dari sejumlah pejabat, termasuk Presiden Federasi Sepakbola Nigeria Amaju Pinnick, yang mengatakan pada hari Senin (09/01) bahwa “sebagian besar negara di Afrika bersemangat tentang hal itu”.

Juara dunia seperti Diego Maradona dan Carles Puyol juga telah berbicara dalam mendukung format 48 tim, dan hal yang sama diungkapkan oleh manajer Manchester United Jose Mourinho yang percaya itu bisa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk pesepakbola.

Presiden DFB, Reinhard Grindel, telah menyuarakan keprihatinannya atas usulan tersebut, sedangkan Europa Club Association yang mewakili kepentingan pihak utama di seluruh benua  menentang perubahan tersebut.

“Untuk kepentingan para fans dan para pemain, kami mendesak FIFA untuk tidak menambah jumlah peserta Piala Dunia,” kata ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge. “Politik dan perdagangan tidak harus menjadi prioritas eksklusif dalam sepak bola.”

Kepala Asosiasi Sepak Bola Inggris, Martin Glenn, juga menyatakan sebelum pemungutan suara bahwa ia akan lebih memilih format yang lebih kecil untuk tetap dilanjutkan.

Format yang berisi 48 tim dibagi menjadi 16 grup yang berisi tiga tim, dengan dua tim teratas masing-masing maju ke babak sistem gugur (32 besar).