Hasil Italia vs Swedia, Italia Tersingkir Dari Piala Dunia 2018

Laporan hasil pertandingan Italia vs Swedia, playoff leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 di San Siro, Selasa dinihari WIB.

Hasil Italia vs Swedia, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018
Hasil Italia vs Swedia, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018

Hasil Playoff – Berikut laporan hasil pertandingan playoff leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Italia vs Swedia dan berlangsung di Stadio San Siro, Milan, pada Selasa 14 November 2017 pukul 02.45 WIB.

Azzurri harus menang 1-0 pada leg kedua malam ini untuk memaksa perpanjangan waktu, atau 2-0 untuk lolos langsung ke turnamen di Rusia. Mereka kalah 1-0 di leg pertama.

Pelatih Italia Gian Piero Ventura dikritik karena pilihan pemainnya di leg pertama dan dipaksa melakukan beberapa perubahan. Marco Verratti diskors dan Daniele De Rossi tidak sepenuhnya fit.

Swedia menyambut kembali Mikael Lustig dari skorsing dan kehilangan Albin Ekdal karena cedera pangkal paha, jadi Johansson diharapkan masuk starter.

Italia hanya satu kali gagal lolos ke Piala Dunia, kalah dari Irlandia Utara pada tahun 1958, namun kini tengah dalam risiko sekali lagi kehilangan kompetisi kelas dunia itu jika sampai gagal mengalahkan Swedia.

San Siro malam ini penuh sesak dengan 74.000 orang memadati stadion dan Nazionale berharap bisa mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di lapangan ini, menghasilkan 22 kemenangan dan empat hasil imbang dengan 76 gol dan 22 kebobolan. Swedia telah mengunjungi arena ini tiga kali, kalah masing-masing 3-0 pada 1971, 2-0 pada 1973 dan 1-0 pada 1984.

Laporan jalannya pertandingan Italia vs Swedia:

Sepanjang babak pertama ada satu peluang emas Ciro Immobile dibersihkan dari garis gawang dan Jorginho memberi inspirasi untuk Italia, namun ada tiga kemungkinan penalti – dua datang dari pihak Swedia.

Tuan rumah berteriak minta penalti dalam waktu delapan menit. Marco Parolo tampaknya ditekel dari arah belakang oleh Ludwig Augsustinsson, namun wasit Antonio Mateu dari Spanyol melambaikan tangannya. Ia mangkartukuning bek Juventus Giorgio Chiellini untuk usahanya mendebat wasit.

Swedia juga minta penalti saat bola memantul di pergelangan tangan pemain Manchester United Matteo Darmian, namun wasit kembali minta permainan dilanjutkan, mengingat hal itu tidak disengaja.

Ciro Immobile berlari mengejar bola terobosan dari Jorginho dan menabrak sisi-jaring dari sudut yang sempit. Setelah itu Swedia dipaksa melakukan perubahan, saat lutut kiri Jakob Johansson tertekuk dan dia ditandu keluar, digantikan oleh Gustav Svensson.

Bola terobosan dari Jorginho sekali lagi sampai ke Immobile. Dari batas akhir lapangan ia mengirim umpan tarik yang disambar oleh pemain Inter Milan Antonio Candreva tapi bola melayang di atas mistar. Itu sudah menit 27. Pada momen yang kurang lebih sama Leonardo Bonucci mendapat hantaman di lutut dan terpincang-pincang parah.

Emil Forsberg terkena kartu kuning di menit 29 karena memprotes wasit setelah bola tendangannya menghantam lengan Andrea Barzagli, tapi itu tidak dianggap sebagai handball.

Jorginho sekali lagi mengirim bola ke Immobile dan dia melepaskan tembakan di antara kaki Robin Olsen, tapi Andreas Granqvist ada di sana di lokasi yang tepat untuk membersihkan bola dari garis gawang.

Immobile mengirim umpan tarik ke Parolo, tapi Granqvist sekali lagi ada untuk memblok bola. Alessandro Florenzi juga memaksa Olsen melakukan penyelamatan di tiang dekat sebelum babak pertama berakhir.

Paruh kedua sudah dimulai. Satu dari dua peluang emas terjadi pada menit 54. Florenzi ada di dalam kotak menyambut satu umpan silang. Tembakan volinya ke arah gawang sayang sekali meleset tipis saja. Gagal lagi usaha Italia.

Menit 67 sekali lagi Florenzi menciptakan peluang emas. Dari satu operan manis di pinggir kotak sang pemain AS Roma itu menembak tapi usahanya terpantulkan di pemain lawan dan membentur tiang gawang sebelum out. NYARIS!

Sekedar info, jika skor 0-0 bertahan sampai akhir maka Swedia menang agregat 0-1 malam ini dan melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Italia untuk pertama kalinya sejak tahun 1958 akan gagal lolos ke turnamen itu.

Piala Dunia  - Hasil Italia vs Swedia, Italia Tersingkir Dari Piala Dunia 2018
Hasil Italia vs Swedia, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018

Sudah menit 80 dan belum ada tanda-tanda Italia mampu mencetak gol. Secara statistik mereka unggul dengan dominasi bola 74%. Shots on goal empat banding satu untuk keseluruhan pertandingan malam ini, off target 10 banding nol. Penyelamatan oleh penjaga gawang satu banding empat. Total operan 613 banding 183.

Menit 88 Stephan El Shaarawy hampir saja membawa Italia unggul. Pemain AS Roma itu menembak dari jarak sangat dekat di depan gawang, namun kiper Robin Olsen berhasil melakukan penyelamatan hebat. Gagal lagi usaha Italia.

Wasit memberi LIMA MENIT injury time. Kesempatan terbuk seluas-luasnya bagi tuan rumah untuk mencegah mereka tersisih dari Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Setelah injury time selama lima menit, wasit Antonio Mateu akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Italia vs Swedia ditutup dengan skor akhir 0-0 (agregat 0-1).

Susunan Pemain Italia vs Swedia:

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Florenzi, Jorginho, Parolo, Darmian; Immobile, Gabbiadini
Cadangan: Donnarumma, Perin, Rugani, Astori, Zappacosta, Gagliardini, De Rossi, Bernardeschi, Insigne, Belotti, Eder, El Shaarawy

Swedia: Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson, Larsson, Johansson, Forsberg; Toivonen, Berg
Cadangan: Johnsson, Nordfeldt, Krafth, Olsson, Guidetti, Helander, Svensson, Jansson, Rohden, Thelin, Sema

Sepakbola.cc