Hasil Portugal vs Swiss, Kualifikasi Piala Dunia 11/10/2017

  • Laporan hasil pertandingan Portugal vs Swiss, laga terakhir kualifikasi Piala Dunia Grup B zona Eropa, Rabu dinihari WIB

Hasil Portugal vs Swiss, Cristiano Ronaldo, Kualifikasi Piala Dunia
Hasil Portugal vs Swiss, Cristiano Ronaldo, Kualifikasi Piala Dunia

Hasil Kualifikasi Piala Dunia – Berikut ini adalah laporan jalannya pertandingan Portugal vs Swiss untuk matchday terakhir Grup B zona Eropa, berlangsung di Estadio da Luz di Lisbon.

Pertandingan ini penting karena jika menang maka Portugal bisa menduduki ranking pertama Grup B, yang menjamin satu tempat otomatis di Piala Dunia 2018, sekaligus menyingkirkan Swiss untuk berebut tiket ke Rusia melalui play-off.

Seperti yang sudah diramalkan sejak awal, laga terbukti berjalan sangat ketat. Penguasaan bola, misalnya, 50% vs 50%. Namun, untuk urusan tembakan ke arah gawang (on target) Portugal lebih banyak dengan 3 vs 1. Off target masing-masing satu dan dua. Total umpan juga berimbang dengan 349 vs 364 sampai pertengahan babak kedua.

Peluang emas pertama terjadi di menit 32 babak pertama. Bintang AC Milan Andre Silva entah bagaimana berhasil berhadapan satu-lawan-satu dengan kiper Swiss Yann Sommer. Ia kemudian menembak ke sisi kiri tapi berhasil diblok dan bola ditepis keluar, hanya berujung sepak pojok.

GOL! Akhirnya setelah permainan yang ketat selama babak pertama, gol yang ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba juga. Tapi ini merupakan sebuah gol bunuh diri. Bola berasal dari tembakan Eliseu yang mengirim crossing ke dalam kotak penalti dan berhasil diblok oleh Yann Sommer. Sayangnya bola mengenai kaki Johan Djourou dan melesak ke dalam gawang sendiri yang kosong. GOL! 1-0! Tak lama kemudian babak pertama usai.

Bababk kedua diawali dengan tiga serangan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, dua pada menit 54 dan sekali di menit 58. Tapi ketiganya gagal membuahkan gol. Dua yang pertama diblok oleh pemain tim tamu yang sebenarnya tampil sangat disiplin. Sementara upaya terakhir melebar di sisi tiang gawang. CR7 sangat kecewa menyaksikannya.

GOL! Menit 57! Andre Silva berhasil memperoleh umpan cantik dan berhadapan satu-lawan-satu di depan gawang Swiss, dan menembak dengan cekatan. GOL! 2-0!

NYARIS! Menit 67 Haris Seferovis dari Swiss nyaris mencetak gol untuk timnya. Dari jarak yang sangat dekat, di dalam kotak enam meter, ia melepaskan tembakan dan sayangnya meleset tipis saja di sisi tiang gawang.

PEPE! Sekarang giliran pemain Portugal itu menembak dari jarak dekat, juga di dalam kotak enam meter, dan GAGAL! Sudah menit 79.

Pada masa injury time babak kedua, Bernardo Silva meliuk-liuk dan mencapai depan gawang tapi usahanya untuk mencetak gol berhasil diblok pemain Swiss. Gagal sudah usaha terakhir Selecao untuk menambah gol.

Setelah injury time selama 4 menit, wasit akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Portugal vs Swiss ditutup dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Portugal vs Swiss:

Portugal: Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Eliseu; Carvalho, Moutinho, Bernardo, Joao Mario; Andre Silva, Ronaldo
Cadangan: Lopes, Beto, Bruno Alves, N. Semedo, Antunes, Danilo, Andre Gomes, Renato Sanches, Eder, Guedes, Gelson, Quaresma

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Xhaka, Freuler; Shaqiri, Dzemaili, Mehmedi; Seferovic
Cadangan: Hitz, Mvogo, Moubandje, Elvedi, Akanji, Lang, Zuber, Frei, Zakaria, Embolo, Gavranovic, Derdiyok