Ini Penyebab Utama Wayne Rooney Dicoret dari Timnas Inggris

Gilabola.com – Terungkap bahwa Wayne Rooney dicoret dari skuad Inggris bukan semata-mata karena dia cedera, tapi ada alasan lain yang lebih krusial.

Dalam daftar nama pemain timnas Inggris yang diumumkan oleh pelatih Gareth Southgate, Kamis (16/3) malam waktu setempat, tidak terdapat nama sang kapten di barisan penyerang. Selain dia, Harry Kane dan Daniel Sturridge juga tak masuk dalam skuad yang dipersiapkan untuk pertandingan internasional pekan depan.

Ketiga pemain itu tidak masuk dalam tim karena sedang mengalami cedera. Posisi mereka diganti oleh striker veteran Jermain Defoe, penyerang debutan Nathan Redmond dan striker Timnas U-21 Inggris, Marcus Rashford.

Khusus untuk Rooney, pelatih Southgate mengatakan bahwa bintang Manchester United memang mengalami cedera lutut. Tapi cederanya sudah berangsur pulih dan sudah bisa dimainkan pekan depan. Namun ada alasan lain yang membuat Southgate tak memasukkan nama bomber 31 tahun tersebut. Apa itu?

Menurut Southgate, dirinya tak memilih Rooney lantaran si pemain sangat jarang bermain belakangan ini. Sudah hampir sebulan, pelatih Jose Mourinho tak menurunkan Rooney di laga-laga Manchester United. Selain alasan itu, kata Southgate, ada beberapa pemain yang lebih baik kondisinya dibanding Rooney untuk bermain.

“Saya sudah bicara dengan Wayne dan saya pikir ada kemungkinan dia fit untuk pertandinggan akhir pekan (melawan Middlesbrough),” kata Southgate kepada wartawan saat menjelaskan kenapa Rooney tak dipanggil.

“Tapi, selain karena masalah kebugaran (cedera), alasan saya tidak memanggil dia adalah karena sangat jarang bermain belakangan ini, juga karena adanya keterbatasan slot (jatah) pemain di posisi itu (penyerang),” tambah Southgate.

Inggris dijadwalkan bertemu timnas Jerman pada laga ujicoba internasional di Dortmund pada Rabu (22/7), dan setelah itu mereka menjamu Lithuania dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Wembley pada Minggu (26/3).

Berikut adalah daftar skuad Timnas Inggris :

  • Kiper : Joe Hart, Fraser Forster, Tom Heaton
  • Bek : Ryan Bertrand, Gary Cahill, Nathaniel Clyne, Phil Jones, Michael Keane, Luke Shaw, Chris Smalling, John Stones, Kyle Walker
  • Gelandang : Dele Alli, Michail Antonio, Ross Barkley, Eric Dier, Adam Lallana, Jesse Lingard, Jake Livermore, Alex Oxlade-Chamberlain, James Ward-Prowse
  • Penyerang : Nathan Redmond, Raheem Sterling, Jermain Defoe, Marcus Rashford, Jamie Vardy.
Advertisement