Irlandia Akui Kehebatan Denmark

Pelatih Timnas Repubik Irlandia Martin O’Neill kesal dengan banyaknya peluang yang terbuang sia-sia kala dikalahkan Denmark di kandang untuk Piala Dunia.

Hasil Irlandia vs Denmark, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018
Hasil Irlandia vs Denmark, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018

Martin O’Neill mengakui ketangguhan Denmark ketika bersaing melawan Republik Irlandia dalam meraih satu tiket ke Rusia.

Setelah melakoni laga tanpa gol di Copenhagen, Minggu (12/11) WIB kemarin, kedua kesebelasan bersua di Stadion Aviva, Dublin, untuk menentukan siapa yang berhak bermain di putaran final Piala Dunia, Rabu (15/11) dini hari WIB tadi.

Awalnya tuan rumah sempat bersorak gembira kala bek Brighton & Hove Albion, Shane Duffy, membuat gol pertama di menit keenam.

Namun 23 menit kemudian Andreas Christensen mampu menyamakan kedudukan, diikuti oleh hattrick Christian Eriksen sebelum ditutup penalti dari Niklas Bendtner beberapa saat sebelum laga usai.

Bagi Martin O’Neill, mental anak asuhnya jatuh sejak Eriksen mencetak gol pertamanya dan sulit untuk dibangkitkan kembali.

“Kami dikalahkan dengan baik. Tidak diragukan lagi,” ujar O’Neill pada RTE.

“Tentunya kami memulai laga dengan baik dan mungkin gol [andai masuk ke gawang] James [McClean] akan membuat perbedaan besar dalam laga.”

“Kami kebobolan dua gol karena kecerobohan dalam beberapa menit dan sulit untuk bangkit sejak saat itu. Gol-golnya karena kecerobohan jika Anda melihat kembali. Mereka sangat sangat buruk.”

“Ketika di sudut lapangan dan Harry [Arter] berhasil dikalahkan namun kami seharusnya bisa membuang bola dan kami tidak melakukannya sehingga gol selanjutnya seperti komedi dari kesalahan.”

“Seluruh pola pikir berubah. Anda tertinggal 2-1 dalam beberapa menit kala enam menit sebelumnya Anda seharusnya bisa unggul 2-0.”

Walau kebobolan lima gol, takluk lima gol di hadapan publik sendiri dan gagal bermain di Piala Dunia 2018, Martin O’Neill merasa puas dengan keputusannya soal taktik.

“Itu lah tujuan dari pertandingan, kami harus melaluinya. Tidak ada untungnya berandai-andai,” tambah O’Neill.

“Kami mampu bangkit dari hasil ini. Kami mungkin dikalahkan tapi kami kalah di babak playoff. Pada akhirnya kami kehilangan tiket ke Piala Dunia. Kami akan bangkit kembali.”

Sepakbola.cc