Islandia Terlalu Menakutkan Bagi Tim Elit Lainnya

  • Islandia akan ditakuti oleh lawan-lawannya di Piala Dunia 2018 nanti setelah mereka berhasil mengukir sejarah lolos pertama kali ke kejuaraan bergengsi itu.

Timnas Islandia
Timnas Islandia

Islandia menjadi negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia setelah mereka mengalahkan Kosovo 2-0 pada Senin (9/10) untuk menjadi juara Grup I zona Eropa.

Negara ini berpenduduk sekitar 350.000. Negara terkecil sebelumnya yang telah mencapai putaran final Piala Dunia adalah Trinidad & Tobago pada tahun 2006, dengan jumlah penduduk 1,3 juta orang.

Mantan presiden FA Islandia, Eggert Magnusson memuji semangat juang para pemain Islandia yang berhasil merebut tiket ke Piala Dunia 2018, setelah sebelumnya negara kecil ini juga berhasil tampil di Euro 2016 lalu.

“Sungguh menakjubkan Sebuah prestasi besar. Kami beruntung memiliki sekelompok pemain yang sangat bagus yang sangat berdedikasi dan mereka bermain bersama sebagai sebuah tim. Mereka telah mencapai yang luar biasa sukses dalam beberapa tahun terakhir,” kata Eggert Magnusson kepada Sky Sports News.

“Selama Euro 2016 hampir setengah penduduk negara (Islandia) berada di Prancis. Sulit untuk menggambarkan dengan kata-kata berapa banyak ini berarti bagi sebuah negara seperti Islandia. Tim kami berada pada posisi terbaik saat menghadapi lawan yang sulit.”

“Dalam banyak hal, ini adalah pencapaian yang lebih besar daripada lolos ke Euro 2016 karena kami finish di puncak grup. Bila Anda lolos ke Euro ada 24 negara yang lolos. Sedangkang lolos ke Piala Dunia jauh lebih sulit.”

Magnusson juga memberikan komentar soal tim Gareth Southgate, dengan Inggris merupakan korban kejutan mereka di Euro 16 lalu di babak 16 besar.

Dia mengatakan: “Saya tidak akan mengatakan bahwa pemain Islandia lebih memperhatikan pemain Inggris tapi mudah untuk mengkritik cara Inggris bermain. Inggris memiliki pemain hebat mereka hanya perlu menemukan cara bermain yang tepat.”