Italia Bisa Kalahkan Swedia, Begini Caranya

Andrea Pirlo beri saran bagaimana cara Timnas Italia agar bisa mengacak-acak lini belakang Timnas Swedia di play-off Piala Dunia 2018.

Hasil Swedia vs Italia, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018
Hasil Swedia vs Italia, Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018

Andrea Pirlo menyarankan agar Gian Piero Ventura mengubah formasi Italia saat menghadapi Swedia pada leg kedua babak play-off Piala Dunia 2018.

Italia mencicipi kekalahan dalam leg pertama babak play-off Piala Dunia 2018 melawan Swedia dengan skor 1-0. Kekalahan tersebut kini membuat Italia harus bermainĀ alloutĀ ketika giliran menjamu Swedia di San Siro pada hari Selasa [14/11] pukul 02.45 WIB.

Salah satu legenda Juventus dan AC Milan, Andrea Pirlo, menyarankan kepada Ventura untuk mengubah formasi tim mereka ketika melakoni leg kedua nanti.

Pirlo merasa formasi 3-5-2 yang digunakan di leg pertama kurang efektif, dan ia menyarankan mereka menggunakan formasi 4-3-3. Menurut dia, dengan menyebarkan permainan di sisi-sisi sayap mengandalkan Lorenzo Insigne, maka hal itu akan mengganggu fokus dari lini pertahanan Swedia yang ia nilai akan menumpuk pemain di tengah lapangan.

“Saya memilih pendekatan yang lebih menyerang, bermain dengan sistem 4-3-3 untuk memberikan lebih banyak ruang bagi Lorenzo Insigne sehingga dia bisa menarik lawan di sepertiga lapangan akhir,” ujar Pirlo pada wartawan.

“Kami kerap kali kehilangan bola di lini tengah karena cara kami bermain menggunakan dua penyerang. Kami harus menyebarkan permainan ke posisi sayap agar membawa keluar beberapa pemain mereka.”

“Akan sangat sulit untuk menemukan ruang kosong dan Swedia akan sangat bertahan di leg kedua, namun Anda bisa menghancurkan pertahanan mereka dengan memindahkan bola secara cepat.”

“Kami harus bisa mencetak gol dengan segala cara, namun kualitas sepakbola kami jelas perlu ditingkatkan. Kami akan menderita dan akan ada banyak tekanan, namun leg kedua nanti pastinya akan menjadi permainan yang sama sekali berbeda.”

Sepakbola.cc