Italia Tersingkir Dari Piala Dunia 2018, Gian Piero Ventura Belum Mau Mundur

Gian Piero Ventura belum mundur meski baru saja berikan pukulan telak bagi negaranya dengan gagal ke putaran final Piala Dunia.

Gian Piero Ventura, pelatih Timnas Italia
Gian Piero Ventura, pelatih Timnas Italia

Gian Piero Ventura diprediksi akan segera meninggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas Italia setelah gagal membawa timnya lolos ke Piala Dunia 2018.

Hasil imbang 0-0 melawan Swedia di leg kedua babak play-off harus dibayar mahal oleh timnas Italia dengan kegagalan mereka melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Swedia dipastikan lolos setelah di leg pertama mereka meraih kemenangan 1-0. Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia tentu saja suatu hal yang menyakitkan mengingat terakhir kali mereka absen di pentas Piala Dunia yaitu pada tahun 1958.

Pelatih timnas Italia, Gian Piero Ventura, menjadi sosok yang paling disalahkan atas kegagalan tersebut. Meski demikian, Ventura ,menegaskan jika dirinya belum menyatakan mundur dari timnas. Ventura merasa dirinya terlebih dahulu harus berbicara dengan federasi sepakbola Italia sebelum mengambil keputusan lebih lanjut.

“Saya tidak mengundurkan diri [dari timnas], karena saya belum berbicara dengan presiden [federasi sepakbola Italia],” ujar pelatih berusia 69 tahun itu setelah kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia.

“Saya minta maaf karena datang terlambat [dalam konfrensi pers], namun saya ingin menyampaikan rasa hormat saya kepada setiap pemain yang membuat saya merasa mendapat hal istimewa bisa bekerja bersama mereka.”

“Ini adalah hasil yang sangat berat untuk ditanggung, karena saya benar-benar memiliki keyakinan dan pertandingan malam ini memperlihatkan bahwa kami memiliki hasrat yang tinggi untuk mengatasi rintangan ini. Saya sudah sejak lama berada di dunia sepakbola dan saya tahu bagaimana rasanya.”

“Saya bangga menjadi bagi dari Gli Azzurri. Saya bangga pernah bekerja sama dengan para juara yang hebat dan dengan orang lain yang saya harap bisa menjadi juara. Saya kecewa karena sekali lagi malam ini saya menyadari apa arti tim nasional bagi orang-orang.”

“Saya berterima kasih kepada para suporter di San Siro, yang telah membantu kami hingga menit terakhir. Itu adalah hal unik dan luar biasa. Fakta bahwa kami pantas untuk lolos mungkin tidak terlalu penting saat ini.”

“Saya harus mengevaluasi masalah yang kami miliki. Kami akan bertemu dengan federasi dan mendiskusikan hal itu. Kami akan berbicara dengan cara yang selalu kami lakukan. Ada hubungan baik dengan Tavecchio dan seluruh orang di federasi.”

Sepakbola.cc