Kebiasaan yang Melekat Pada Pemain Sepakbola Indonesia

24

    Pemain sepakbola Indonesia cenderung melakukan kebiasaan buruk dilapangan hijau. Padahal para pemain kita suka nonton  pertandingan liga-liga elit Eropa semacam Liga Inggris, Liga Italy maupun Liga Spanyol, tapi entah mengapa kebiasaan tersebut masih melekat. Kebiasaan bermain kasar sebenarnya justru merugikan pemain dan klub yang dibelanya. Ujung-ujungnya prilaku mereka justru dapat memprofokasi suporter hingga bertindak anarkis. Berikut […]

Kebiasaan yang Melekat Pada Pemain Sepakbola Indonesia

 

 

Pemain sepakbola Indonesia cenderung melakukan kebiasaan buruk dilapangan hijau. Padahal para pemain kita suka nonton  pertandingan liga-liga elit Eropa semacam Liga Inggris, Liga Italy maupun Liga Spanyol, tapi entah mengapa kebiasaan tersebut masih melekat.

Kebiasaan bermain kasar sebenarnya justru merugikan pemain dan klub yang dibelanya. Ujung-ujungnya prilaku mereka justru dapat memprofokasi suporter hingga bertindak anarkis.

Berikut kebiasaan byang melekat pada pemain sepakbola Indonesia:

1. Memprotes keputusan wasit secara berlebihan meskipun pemain tersebut benar-benar melakukan pelanggaran.

Seringkali keputusan wasit direspon emosional oleh pemain, sehingga pemain sering sekali mencacimaki wasit. Tidak jarang terjadi pemukulan dan pengroyokan kepada wasit (brutal football).

2. Mudah sekali terbawa emosi. Hal ini ditunjukan para pemain sering melakukan pukulan, sikutan atau tendangan yang niatnya mencederai lawan.

3. Apabila terjatuh pemain membutuhkan waktu lama untuk bangun. Biasanya kegiatan ‘jatuh lama bangun’ ini sering dilakukan apabila timnya dalam posisi unggul, atau berhasil menahan imbang saat main dikandang lawan. Untuk mengulur waktu seharusnya tidak dilakukan dengan cara ‘jatuh bangun lama’, tetapi dilakukan dalam kondisi play on.

4. Selalu tidak terima dengan kartu merah. Pemain tidak mau menerima kartu merah meskipun dia pantas mendapatkanya. Sering kita lihat kejadian lucu dilapangan, bagaimana seorang wasit dihalang-halangi mencabut kartu dari dalam sakunya.