Lionel Messi Ukir Rekor Baru di Kualifikasi Piala Dunia

Tak hanya membawa Argentina lolos melalui lubang jarum ke Piala Dunia 2018, Lionel Messi juga menorehkan rekor baru di babak kualifikasi.

Lionel Messi

Lionel Messi membuktikan diri sebagai pemain terbaik di dunia saat ini. Di saat Argentina berada di posisi yang sangat kritis, dia muncul dengan mencetak hat-trick untuk membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Melawan tuan rumah Ekuador pada laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL di Estadio Olímpico Atahualpa, Quito, Rabu (11/10/2017) pagi WIB, Messi mencetak tiga gol untuk memastikan kemenangan Argentina 3-1.

Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Ekuador yang dicetak Romario Ibarra saat laga baru berjalan satu menit, Argentina yang wajib menang di laga ini agar lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan, langsung terlecut dari tidurnya. Mereka bangkit menggempur pertahanan tim tuan rumah dari berbagai arah

Di sinilah seorang Messi menunjukkan daya magisnya. Menyandang ban kapten, bintang Barcelona ini seperti tersengat oleh gol cepat tadi. Dia bergerak liar, terus berusaha  mencari dan bahkan menjemput bola hingga ke belakang.

Tak butuh waktu lama bagi La Pulga untuk mencetak gol penyama kedudukan di menit ke 12. Umpan silang dari Angel Di Maria yang menyisir di sisi kiri ke kotak penalti, langsung disambar oleh Messi untuk menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Delapan menit kemudian atau di menit ke 20, Messi kembali mencetak gol untuk membawa Argentina balik memimpin 2-1. Berhasil merebut bola dari pemain lawan, dia kemudian masuk ke dalam kotak penalti untuk melepaskan tembakan keras ke sisi pojok kanan atas gawang Ekuador.

Messi melengkapi hattrick-nya sekaligus memastikan kemenangan Argentina pada menit ke-62. Menggiring bola dari tengah, Messi berhasil melewati dua pemain lawan sebelum masuk ke dalam kotak penalti. Lalu dari posisi yang ideal dia mengirimkan tembakan keras ke pojok kanan gawang tuan rumah.

Kemenangan ini menuntun Argentina lolos ke Rusia setelah mengakhiri babak kualifikasi Zona Conmebol sebagai peringkat ketiga klasemen akhir dengan nilai 28, di bawah Brasil (41) dan Uruguay (31). Satu tim lainnya yang juga lolos adalah Kolombia yang duduk di posisi ke empat (27), sedangkan Peru meraih tiket ke play-off melawan Selandia Baru bulan depan.

Bagi Lionel Messi sendiri, hat-trick tadi merupakan yang pertama dibuatnya sejak dia pertama kali tampil di babak kualifikasi Piala Dunia.

Tak cuma itu, menurut situs data Opta, Messi kini juga menorehkan rekor baru. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang menembus total 20 gol dalam fase kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Gol kedua yang dicetaknya ke gawang Ekuador tadi merupakan gol ke-20 dia sepanjang fase kualifikasi Piala Dunia.

Sepakbola.cc