Macam-macam Kejuaraan Sepakbola Dunia

 

Di dunia, ada banyak sekali kompetisi atau kejuaraan sepak bola. Mulai dari yang ada di level nasional yaitu yang ada di setiap Negara sampai yang bertaraf internasional atau antara Negara.

Beberapa dari kejuaraan sepakbola di dunia ada yang melibatkan klub, simak berikut:

Liga lokal

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub, semua negara yang menjadi anggota FIFA bisa dipastikan memiliki liga ini meski dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya, di Inggris disebut Premiere League, di Italia disebut Serie A, di Spanyol disebut liga BBVA, sementara di Indonesia disebut Indonesia Super League (ISL).

Sesuai standar FIFA, liga dengan kasta paling tinggi harus beranggotakan paling tidak 18 klub. Sementara klub yang berada di luar yang 18 itu harus masuk liga dengan kasta di bawahnya. Itulah sebabnya di Indonesia kita mengenal Liga Divisi utama yang berada di bawah ISL, lalu di bawah Premiere League Inggris ada Championship League, dan di bawah Serie A Italia ada liga yang dinamakan Serie B. 

Pola liga dengan 18 klub ini terus terulang hingga semua tim di negara itu mendapat turnamennya masing-masing. Di Indonesia terdapat turnamen hingga divisi 3, sementara di Italia sendiri turnamen sepakbolanya terus sampai Serie D. Begitupun di negara lain, sejauh ini hanya beberapa negara yang tidak bisa mengikuti pola 18 klub tadi karena keterbatasan jumlah klub di negara tersebut. Misalnya liga Singapura, atau liga Australia.

Di dalam liga lokal ini akan bertanding semua klub sepak bola yang berasal dari satu negara. Hal ini akan sangat memberikan pengaruh pada perkembangan sepak bola yang ada di negara itu sendiri. Karena seakan klub sepak bola lokal ini menjadi sekolah tersendiri bagi para pemainnya untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam bermain sepak bola.

Piala Lokal

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub, yang pelaksanaannya menggunakan sistem gugur, hampir semua negara yang menjadi anggota FIFA memiliki  kejuaraan ini meski dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya di Italia disebut Copa Italia, di Spanyol disebut Copa del Rey, sementara di Indonesia disebut Piala Indonesia. Inggris bahkan memiliki dua turnamen sejenis ini yaitu FA Cup dan Carling Cup.

Perbedaan dengan liga, kejuaraan ini membebaskan semua klub untuk bertarung sesuai undian. Ini tentu membuat kadang klub dari divisi bawah bertemu dengan tim divisi atas, misalnya, klub serie C Italia, harus bertarung dengan tim Serie A. Tapi justru inilah yang membuat turnamen ini menarik karena pada turnamen tidak jarang tim-tim besar bisa terjungkal oleh tim kecil.

Piala Super (Lokal)

Kejuaraan ini biasanya dijadikan pembukaan sebuah musim kompetisi dan merupakan turnamen yang hanya diikuti dua tim yaitu juara liga melawan juara piala, baik dengan sistem dua kali pertemuan kandang-tandang, atau hanya satu kali pertemuan saja di tempat netral. Bila seandainya juara liga dan piala adalah tim yang sama, biasanya piala super akan mempertemukan tim tersebut melawan runner-up piala

Liga Champion

Ini adalah jenis kejuaraan sepakbola yang ada di dunia yang berada di tingkat klub yang mempertemukan wakil-wakil tiap negara di benua yang sama pada satu turnamen. Oleh karena itu kita mengenal ada Liga Champions Eropa, Liga Champions Asia, Liga Champions Afrika atau Piala Libertadores di benua Amerika.

Biasanya tiap negara mengirim juara liganya masing-masing, ditambah tim lain sesuai aturan FIFA. Tapi biasanya tiap negara diwakili maksimal empat tim saja yaitu tim yang menduduki peringkat satu sampai empat pada klasemen liga.

Liga Champion ini dapat dianggap sebagai liga yang paling bergengsi di antara klub sepak bola di satu kawasan misalnya adalah kawasan satu benua seperti benua Eropa. Karena tidak semua klub yang dapat bermain di liga Champions ini. yang dapat bermain atau mengikuti kompetisi di liga Champions ini adalah klub yang menjadi pemenang di setiap liga lokal yang dilakukan di setip negara. Sehingga Liga Champions ini akan mempertemukan semua juara dan akan menjadi kompetisi yang menarik.

Piala Dunia Antar Klub (FIFA Club World Cup) 

Kejuaraan sepakbola yang ada di dunia ini di selenggarakan di tingkat klub, tapi dengan mempertemukan para juara liga Champions masing-masing benua hingga total menjadi 6 tim, 5 dari masing-masing benua dan 1 tim tuan rumah. Kejuaraan ini pertama diadakan pada tahun 2000 dengan juaranya adalah Corinthians dari brazil.

Piala Toyota (Piala Interkontinental)

Kejuaraan sepakbola dunia ini merupakan kerjasama antara UEFA dan CONMEBOL sebagai organisasi sepakbola tertinggi di Eropa dan Amerika Selatan. Hingga tim yang mengikutiya adalah juara liga Champions Eropa dan juara Piala Libetadores saja. Dimulai pada tahun 1960 (juara: Real Madrid) kejuaraan ini terus berlangsung hingga 1979 dengan sistem kandang-tandang, lalu mulai tahun 1980 format kejuaraan diganti menjadi satu kali pertemuan saja.

Piala Dunia

Semua kompetisi yang disebut di atas adalah kompetisi yang mempertemukan semua klub sepak bola yang ada di setiap negara. Sedangkan Piala Dunia ini dapat disebut sebagai ajang sepak bola paling besar yang ada di dunia. Karena memang Piala Dunia ini akan mempertemukan semua klub nasional yang berasal dari semua negara yang ada di dunia.

Memang tidak mudah bagi setiap negara yang ada di dunia untuk mengirimkan tim nasional mereka agar dapat bertanding atau mengikuti kejuaraan di Piala Dunia ini. karena setiap tim nasional harus melawan tim nasional dari negara lain untuk memperebutkan tiket final bermain di Piala Dunia.

Biasanya tim nasional yang paling dominan dapat bertanding di Piala Dunia ini adalah yang berasal dari benua Eropa dan juga Amerika Selatan. Karena memang diakui bahwa tim nasional yang berasal dari dua daerah ini memiliki kualitas tim yang lebih unggul jika dibandingkan dengan tim nasional negara yang lain.

BACA JUGA  Prediksi Brasil vs Uruguay, 24 Maret 2017

Gibolers! Berikan komentar terbaikmu untuk berita bola ini!