Menjelajah Stadion yang Ada di Indonesia

97

  Ketertarikan Indonesia terhadap olahraga, khususnya sepakbola, membuat stadion semakin bertambah. Faktor ekonomi juga mempengaruhi berdirinya stadion di Indonesia. Stadion berfungsi sebagai sarana promosi, ciri khas daerah, dan sebagai kebanggaan daerah. Tidak heran jika banyak daerah erlomba-lomba membangun stadion megah. Stadion Bertaraf Internasional di Indonesia Stadion di Indonesia memiliki ciri khas adanya lintasan atletik di sekelilingnya. Rata-rata stadion […]

Menjelajah Stadion yang Ada di Indonesia

 

Ketertarikan Indonesia terhadap olahraga, khususnya sepakbola, membuat stadion semakin bertambah. Faktor ekonomi juga mempengaruhi berdirinya stadion di Indonesia.

Stadion berfungsi sebagai sarana promosi, ciri khas daerah, dan sebagai kebanggaan daerah. Tidak heran jika banyak daerah erlomba-lomba membangun stadion megah.

Stadion Bertaraf Internasional di Indonesia

Menjelajah Stadion yang Ada di Indonesia - berita Piala Dunia

Stadion di Indonesia memiliki ciri khas adanya lintasan atletik di sekelilingnya. Rata-rata stadion di Indonesia dibangun oleh pemerintah daerah. Sehingga stadion yang dibangun dimaksimalkan sebagai tempat olahraga multieven.

Namun ada juga stadion besar di Indonesia yang tidak memiliki lintasan atletik, yaitu Stadion Lebak Bulus Jakarta dan Stadion Maguwoharjo di Sleman. Tapi kelayakan stadion tidak hanya dilihat dari adanya lintasan atletik atau tidak.

 Walaupun mengurangi kenyamanan penonton, stadion yang memiliki lintasan atletik di Indonesia memang lebih banyak yang bertaraf Internasional. Saat ini baru empat stadion di Indonesia yang sudah memiliki standar organisasi FIFA.

Hal ini mengikuti standar kelayakan dan fasilitas dari organisasi tertinggi sepak bola dunia. Standar itu antara lain sebagai berikut.

  • Kualitas rumput yang baik dan sistem drainase yang terjamin
  • Memiliki ruang ganti pemain
  • Memiliki lampu yang memenuhi standar internasional
  • Memiliki pintu pengaman bagi penonton jika terjadi kericuhan di lapangan
  • Memiliki kualitas bahan bangunan stadion yang berstandar internasional
  • Memiliki tribun yang dikhususkan untuk official tim
  • Memiliki sarana toilet umum yang bersih dan masih baik
  • Memiliki sistem pengamanan ketat yang mampu membuat nyaman penonton

Stadion di Indonesia yang telah memiliki standar FIFA adalah Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring, Stadion Palaran, dan Stadion Perjiwa. Stadion-stadion ini dianggap telah memenuhi syarat-syarat yang diberikan oleh FIFA maupun AFC. Berikut sekilas profil stadion-stadion berstandar FIFA selain Stadion Gelora Bung Karno.

  • Stadion Jakabaring

Stadion ini dibangun untuk menghadapi even Pekan Olahraga Nasional 2004 di Sumatera Selatan. Stadion yang terletak di kota Pelembang ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. Stadion yang menjadi markas klub Sriwijaya FC ini juga pernah menjadi venue perebutan tempat ketiga Piala Asia 2007. Selain itu, stadion ini juga sering dipakai Sriwijaya FC untuk bermain di Liga Champion Asia. 

  • Stadion Palaran

Stadion di Kota Samarinda ini dibangun untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional 2008 di Kalimantan Timur. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 50.000 penonton. Stadion ini juga merupakan yang pertama di Indonesia yang memiliki tempat duduk penonton terpisah seluruhnya. Belum ada even olahraga internasional yang singgah di stadion ini. Stadion ini menjadi homebase Klub Persisam. 

  • Stadion Perjiwa

Stadion ini terletak di Kota Tenggarong. Boleh dibilang merupakan stadion paling modern di Indonesia saat ini. Stadion ini memiliki kapasitas sampai 35.000 penonton. Stadion ini juga memiliki atap membran yang dapat dibuka dan ditutup. Saat ini menjadihombase Klub Mitra Kukar. Belum ada even internasional yang diadakan di stadion ini.

Stadion Berstandar FIFA

Menjelajah Stadion yang Ada di Indonesia - berita Piala Dunia

Stadion di Indonesia yang mungkin akan dilabeli berstandar FIFA, salah satunya adalah stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya. Stadion yang telah selesai dibangun dan memiliki kapasitas 50.000 penonton. Stadion yang menjadi markas Persebaya Surabaya ini tinggal menunggu waktu stadion ini diverifikasi oleh FIFA sehingga layak disebut berstandar internasional.

Selain itu ada Stadion Gedebage di Kota Bandung, Stadion Batakan di Balikpapan, dan Stadion Nasional di Pekanbaru yang masih dalam tahap pengerjaan.

Stadion Legendaris

Menjelajah Stadion yang Ada di Indonesia - berita Piala Dunia

Stadion di Indonesia tidak hanya dilihat dari kemegahannya. Banyak faktor yang membuat sebuah stadion dianggap legendaris. Misalnya, karena namanya yang sudah melekat sebagai simbol suatu kota, daerah, atau klub sepakbola tertentu. Berikut beberapa stadion yang dianggap legendaris di Indonesia, yang masih berdiri sampai sekarang.

  • Stadion Siliwangi

Stadion milik Kodam Siliwangi ini sangat identik dengan Kota Bandung dan terutama Klub Persib. Stadion yang dibangun pada tahun 1954 ini juga sebagai monumen peringatan peristiwa Bandung Lautan Api. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 25.000 penonton

  • Stadion Mattoangin (Andi Matallata)

Stadion ini identik dengan Kota Makassar dan Klub PSM. Stadion ini menjadi saksi keperkasaan PSM Makassar di era perserikatan sampai sekarang. Stadion ini memiliki kapasitas mencapai 20.000 penonton. 

  • Stadion Tambaksari

Stadion ini merupakan markas Persebaya Surabaya. Stadion yang juga disebut Gelora 10 November ini merupakan kebanggaan rakyat Surabaya, khususnye suporter Persebaya. Stadion ini bisa dipenuhi sampai 35.000 penonton.

  • Stadion Gajayana

Stadion ini memiliki sejarah panjang di Kota Malang. Sempat menjadi homebase dua klub, Persema dan Arema, sebelum ada Stadion Kanjuruhan. Stadion yang dibangun tahun 1924 ini mampu menampung 35.000 penonton.

  • Stadion Lebak Bulus

Stadion ini sangat identik dengan klub Persija Jakarta. Merupakan salah satu stadion di Indonesia yang tidak menggunakan lintasan atletik. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 orang.

Masih banyak stadion lain yang sianggap menjadi ciri khas kota dan klub. Misalnya, Stadion Teladan yang menjadi ikon Medan dan PSMS. Lalu ada Stadion Jatidiri yang menjadi kandang PSIS Semarang. Dan Stadion Mandala Krida di Yogyakarta dan Stadion Manahan di Solo. Di ujung timur juga ada stadion besar, misalnya Stadion Mandala di Jayapura yang menjadi kandang Persipura dan telah diakui AFC.