PackBot, robot penjaga Piala Dunia Brasil 2014

 

Robot-robot asal Amerika dipastikan hadir untuk menjaga Piala Dunia 2014 di Brasil. Robot-robot tersebut akan hadir di setiap venue atau stadion.

“Demi membantu pengamanan Piala Dunia 2014, pemerintah Brasil telah mengeluarkan dana $7,2 juta atau Rp81,5 miliar untuk membeli 30 robot dari Amerika Serikat. Robot-robot dari perusahaan iRobot itu selama ini terkenal membantu kinerja militer AS,” diberitakan IANS.

Robot yang bernama PackBot ini akan bertugas menjaga dan mengawasi di 12 kota tuan rumah Piala Dunia 2014. “Robot-robot itu telah diprogram untuk menganalisa objek-objek yang dianggap berbahaya. Mereka akan mulai bertugas pada Juni nanti, terutama mengamankan acara pembukaan.”

Robot ini dapat dilipat menjadi ransel. PackBot juga bisa melaju dengan kecepatan 9 mil per jam, menjelajahi segala jenis medan dan menyelam di dalam air dengan kedalaman 2 meter.

PackBots dilengkapi dengan GPS, display video, kemampuan monitor, kompas elektronik dan sensor temperatur. Bahkan PackBot telah digunakan oleh militer AS di Afghanistan sejak 2002.

Advertisement