Pelatih Spanyol Bicara Soal Teknologi Video

Sepakbola – Pertandingan persahabatan Prancis kontra Spanyol, Rabu (29/3) dini hari WIB, ditandai dengan penggunaan teknologi Video Assistant Referees atau VAR.

Julen Lopetegui

Sepakbola – Pertandingan persahabatan Prancis kontra Spanyol, Rabu (29/3) dini hari WIB, ditandai dengan penggunaan teknologi Video Assistant Referees atau VAR.

Teknologi VAR tersebut diuji coba untuk membantu kinerja wasit di atas lapangan yang akhir-akhir ini telah membuat keputusan yang berbau kontroversi.

Dan teknologi tersebut langsung berjalan dengan sangat baik. Namun sayangnya, dalam penggunaan teknologi baru ini, timnas Sapnyol nampak lebih diuntungkan. Di mana, dua keputusan wasit berhasil dipatahkan oleh penggunaan teknologi VAR ini pada laga yang berlangsung di Stade de France tersebut.

Yang pertama, teknologi tersebut menganulir gol yang telah dicetak oleh Antoine Griezmann. Sundulan pemain Atletico Madrid itu pada menit ke-48 harus dianulir usai sang wasit mendapat laporan bahwa sang pemain itu sudah berada dalam posisi offside. Dan itu membuat keuntungan timnas Spanyol.

Yang kedua, lagi-lagi timnas Spanyol mendapat keuntungan dari teknologi tersebut. Gol kedua La Furia Roja atas nama Gerard Deulofeu yang sebelumnya sempat dianggap offide, akhirnya disahkan oleh sang pengadil lapangan dan timnas Spanyol pun menang dengan skor 2-0.

Meski merasa diuntungkan dengan penggunaan teknologi VAR, pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui langsung angkat bicara. Ia merasa kalau penggunaan teknologi tersebut hanya memberikan keadilan dari beberapa keputusan keliru yang akhir-akhir ini terkadang dibuat oleh wasit sendiri.

“Apa yang telah dilakukan teknolodi VAR ini, merupakan sebuah keadailan, teknologi itu telah sukses merevisi dua keputasan wasit,” ujar Julen Lopetegui, seperti yang dilansir dari Football Espana, Rabu (29/3/2017).

Sepakbola.cc