Piala Dunia 48 Peserta Demi Negara Kecil

72

Berita Bola, Piala Dunia – Asosiasi Sepak Bola Skotlandia mendukung perubahan format Piala Dunia menjadi 48 tim oleh FIFA sebagai langkah mendukung negara-negara kecil.

Piala Dunia 48 Peserta Demi Negara Kecil - berita Piala Dunia

Berita Bola, Piala Dunia – Asosiasi Sepak Bola Skotlandia mendukung perubahan format Piala Dunia menjadi 48 tim oleh FIFA sebagai langkah mendukung negara-negara kecil.

Ketua Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Stewart Regan menerima dengan baik keputusan untuk memperbanyak kontestan Piala Dunia menjadi 48 tim.

Ide Gianni Infantino itu telah diluluskan oleh Dewan FIFA pada Selasa (10/01) malam WIB, dan akan mulai diterapkan pada 2026 nanti.

Meski mendapatkan penolakan dari berbagai pihak, Skotlandia mendukung format baru tersebut agar kubunya bisa berpeluang untuk ikut serta di putaran final.

Salah satu pihak yang menolak adalah Jerman dan juga ECA, Asosiasi Klub-Klub Eropa yang digawangi oleh Karl-Heinz Rummenigge.

Seperti diketahui, Skotlandia belum pernah bermain di putaran final sejak Piala Dunia 1998 Perancis hingga saat ini.

Oleh karenanya Regan memberikan dukungan penuh kepada Infantino, seperti yang diberikan oleh negara-negara Afrika dan Asia.

“Kami puas dengan kabar berita yang menyebutkan bahwa Piala Dunia FIFA akan dikembangkan menjadi 48 tim di 2026,” ujarnya.

“Kami percaya ini adalah langkah positif, khususnya bagi negara-negara kecil, dan akan membuat lebih banyak lagi fans di seluruh dunia untuk merayakan keterlibatan negara mereka di putaran final Piala Dunia.”

“Ini pun berarti akan membuat negara-negara tersebut menginvestasikan lebih banyak lagi dalam hal infrastruktur sepak bola dan pengembangan pemain muda, yang pada akhirnya memberikan keuntungan sosial yang signifikan.”

“Penampilan Wales, Islandia dan Irlandia Utara di Euro 2016 memperlihatkan dampak yang ditimbulkan oleh tim kecil dan betapa menguntungkan sebuah turnamen atas partisipasi mereka.”

“Banyaknya perpaduan kultur sepak bola di Piala Dunia akan membuat suasana lebih besar dan lebih baik dibandingkan sebelumnya.”