Posisi Pemain Sepakbola

148

  Secara umum posisi pemain sepakbola yang selama ini selalu kita dengar yaitu kiper, striker, pemain sayap dan bek. Namun sebenarnya posisi pemain dalam sepakbola lebih kompleks dari itu. Posisi Pemain Berdasarkan Ukuran Tubuh Secara umum, pemain yang turun ke lapangan dibekali tugas-tugas itu, hanya saja memang kondisi di lapangan yang nantinya akan lebih menentukan apakah konsep permainan […]

Posisi Pemain Sepakbola

 

Secara umum posisi pemain sepakbola yang selama ini selalu kita dengar yaitu kiper, striker, pemain sayap dan bek. Namun sebenarnya posisi pemain dalam sepakbola lebih kompleks dari itu.

Posisi Pemain Berdasarkan Ukuran Tubuh

Secara umum, pemain yang turun ke lapangan dibekali tugas-tugas itu, hanya saja memang kondisi di lapangan yang nantinya akan lebih menentukan apakah konsep permainan tadi akan berguna atau tidak. Karena itulah di kenali beberapa varian dan kelebihan berdasarkan posisi. Ambil contoh kecil dan kekar besar. Misalkan jika dirating.

1. Pemain bertubuh Kecil umumnya berposisi sebagai penyerang. Keunggulan dan kekurangan orang yang bertubuh mungil adalah :

• Kecepatan ***** dapat bintang lima, karena pusat berat tubuh menjadi lebih rendah, sehingga orang mungil dapat berlari dengan cepat.

• Kelincahan ***** Karena dapat berlari cepat, maka gerakan berkelit (atau feint) bisa lebih mudah dilakukan.

• Menggiring *** Orang berkaki kecil, akan sulit mengendalikan bola yang melaju cepat. Sehingga dibutuhkan banyak latihan agar bola yang bergulir cepat bisa dihentikan.

• Mengoper *** Orang yang bertubuh mungil memilki kekuatan yang kurang. Oleh karenanya tendangan bertenaga kurang bisa dikeluarkan. Sehingga, hanya operan pendek saja yang bisa dilakukan.

• Melompat ** Jarang ya, pemain bertubuh mungil melompat dengan tinggi.

• Menyundul ** Karena lompatannya tidak begitu tinggi, sundulan merupakan kekurangan si mungil.

• Kekuatan * Karena tubuhnya mungil, jangan sampai deh menguasai bola lama-lama, karena pemain yang bertubuh besar akan melanggar dengan kekuatannya.

Posisi ideal : Gelandang sayap (winger). Bek Sayap (wingback). Striker pengumpan (Second Striker). Walaupun ada pengecualian. Ambil contoh, Roberto Carlos. Mantan pemain Real Madrid dengan posisi sebagai bek kiri. Tingginya hanya 167 cm. Tetapi, tendangannya melesat bak geledek. Mengapa itu bisa terjadi? Karena Carlos melatih otot pahanya. Dengan latihan yang sangat serius. Sehingga dari kaki yang mungil, melesat bola secepat halilintar. Dengan kehebatan kakinya. Roberto Carlos selalu dimintai untuk menendang tendangan bebas jarak jauh. Begitupun dengan pemain mungil lainnya, seperti Dennis Wise, mantan pemain dari club Inggris Chelsea, tingginya hanya 168 cm. Namun kerja kerasnya dilapangan begitu hebat. Dennis, tidak pernah letih berlari mengejar bola dan berani berhadapan dengan pemain yang lebih besar. Dengan kecepatannya, bola yang lepas dari kaki lawan akan dicuri dengan cepat. Sehingga walau mungil, Dennis Wise berposisi sebagai gelandang bertahan. Selain itu ada pemain mungil yang mampu mengeluarkan operan yang hebat. Namanya Ariel Ibagaza, asal argentina bermain di Mallorca. Tingginya hanya 166 cm. Namun kemampuannya mengoper membuatnya menjadi raja di lapangan tengah, sebagai gelandang menyerang.

2. Pemain bertubuh kekar, gempal., gempal kekar dapat bermakna keseimbangan tubuh, karena itulah pelatih bisa mengeksploitasi mereka yang gempal dan besar. Keseimbangan tubuh penting sekali bagi pemain bertahan, maupun menyerang. Mari kita lihat kekurangan dan kelebihan dari mereka yang kekar.

  • Kecepatan ** Pemain kekar jarang ada yang berlari cepat, namun bukan tidak ada.
  • Kelincahan ** Kurang lincah, karena lemak tubuh di seputar otot membuat gerakan menjadi kaku.
  • Menggiring ***** Menggiring membutuhkan keseimbangan tubuh. Dengan berat badannya, pemain kekar sulit dijatuhkan.
  • Mengoper **** Bila kamu kekar, maka operanmu memilki kekuatan. Kamu bisa mengoper pendek dan jauh.
  • Melompat *** Pemain kekar bisa dijadikan targetman, artinya dia yang menerima bola lambung dan mempertahankannya.
  • Menyundul *** Mungkin lompatannya tidak begitu tinggi, tapi sundulannya akan sekeras peluru baja.
  • Kekuatan ***** Kelebihan utama yang dimiliki oleh mereka yang kekar. Tidak mudah dijatuhkan.

Posisi pemain sepak bola terbaik : Pemain bertahan tengah (defender center), gelandang jangkar (defensif midfielder/regista), penyerang tengah (striker/targetman). Di dunia pun ada pemain kekar yang fenomenal kemampuannya. Adriano. Pemain Brasil ini kekar dan besar. Namun kelebihannya justru pada kecepatan berlari. Dia merupakan penyerang yang malang melintang di liga Italia. Pemain lainnya adalah Ballack. Atau Khedira.

Posisi Pemain Sepakbola Strategis

Bila ditinjau dari posisinya, lapangan permainan sepakbola dibagi tiga garis yaitu garis belakang, garis tengah dan garis depan. Dalam ketiga garis itu terdapat posisi-posisi sebagai berikut

  • Penjaga Gawang (Goal Keeper) Kiper termasuk pemain yang bergerak di garis belakang, tidak ada tugas khusus dari kiper kecuali sebagai palang pintu terakhir dari gawang. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Iker Cassilas, Gianluigi Buffon, dan Edwin Van Der Sar
  • Bek (Centre Back) Berada di garis belakang, biasanya posisi ini berada tepat di depan kiper, yang menjalankan posisi ini bisa dua atau tiga orang sesuai formasi tim. Dalam permainan, posisi ini bisa divariasikan menjadi Ball Playing DefenderSweeper, Libero, atau Limited Defender. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Nemanja Vidic, Rio Ferdinand dan Charles Puyol
  • Bek Sayap (Wing Back) Berada di garis belakang, wing back berposisi di bagian kanan atau kiri luar lapangan. Tugasnya adalah membantu penyerangan lewat sayap dan cepat kembali ke posisi semula bila tim sedang diserang. Oleh karena itu kita sering melihat seorang wing back ikut berada di dekat gawang lawan dalam skema penyerangan. Dalam kondisi tertentu, posisi ini bisa divariasikan menjadifull back. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Ashley Cole, Javier Zanetti, dan Daniel Alves
  • Gelandang Bertahan (Defensive Midfielder) Posisi ini terhitung unik karena berada di antara garis belakang dan garis tengah. Tugas pemain di posisi ini adalah penyeimbang kedua lini, penahan bola pertama kali saat tim diserang (sebelum bola tiba di bek), sekaligus perusak skema serangan lawan. Dalam situasi tertentu pemain ini kadang diplot menjadi playmaker (deep-lying playmaker). Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Carlos Dunga, dan Genaro Gatusso.
  • Pemain Tengah (Central Midfielder) Pemain ini beroperasi di garis tengah, yang menjalankan posisi ini bisa dua atau tiga orang sesuai formasi tim. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Box To Box Midfielderdan Advanced Playmaker. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Xavi Hernandez, Stephen Gerrard dan Cesc Fabregas.
  • Pemain Sayap (Winger) Hampir seperti wingback tadi,winger berposisi di bagian kanan atau kiri luar lapangan hanya winger lebih beroperasi di garis tengah. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Wide Midfielder atau Defensive Winger. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: David Beckham dan Franck Ribery.
  • Gelandang Serang (Attacking Midfielder) Posisi ini berada di antara garis tengah dan garis depan. Pemain yang berada di posisi ini memiliki tugas menyuplai bola kepada striker sekaligus membantu kinerja pemain di lini tengah. Dalam permainan posisi ini bisa divariasikan menjadi Inside Forward dan Trequartista. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Alesandro Del Piero, Kaka, dan Ronaldinho.
  • Penyerang (Striker) Pemain ini bertugas di garis depan. Tugas utamanya adalah mencetak gol, meskipun posisi pemain sepak bola ini merupakan posisi final third, dia tidak dilarang untuk membantu pertahanan atau garis tengah. Dalam situasi tertentu posisi ini bisa divariasikan menjadiPoacher, Target Man, Advanced Forward, Deep Lying Forward, Complete Forward, atau Defensive Forward. Beberapa pemain dunia yang bermain di posisi ini antara lain: Wayne Rooney, Zlatan Ibrahimovic, atau Fernando Torres.