Prancis Lolos Ke Piala Dunia, Ini Tanggapan Pelatihnya

  • Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, mengakui timnya melalui jalan yang sulit untuk bisa memastikan diri mereka lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Didier Deschamps

Prancis berhasil mengamankan satu tiket lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan setelah meraih kemenangan tipis atas Belarusia dengan skor 2-1, Rabu (11/10) dini hari WIB.

Prancis terlebih dahulu unggul 2-0 melalui Antoine Griezmann dan Oliver Giroud, sementara tim tamu hanya bisa mencetak satu gol melalui Anton Saroka.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengakui bahwa timnya telah melewati jalan yang sulit untuk bisa lolos ke Rusia tahun depan, termasuk di laga dini hari tadi melawan Belarusia.

“Kami melalui jalan yang sulit, malam ini juga bukanlah pertandingan yang mudah, namun pada akhirnya kami mampu meraih tujuan kami,” ujar pelatih yang pernah mempersembahkan gelar Piala Dunia 1998 kepada Prancis ketika masih aktif bermain.

“Jelas bahwa saya sangat bahagia untuk para pemain karena mereka layak mendapatkannya. Kami semua bahagia, meskipun ini secara logis adalah hal yang normal mengingat kualitas para pemain yang kami miliki.”

Pelatih berusia 48 tahun itu juga mengapresiasi dukungan dari para fans Prancis yang datang ke stadion dan memberikan dukungan mereka kepada para pemain.

Deschamps melanjutkan : “Untuk beberapa waktu terakhir ini kami memiliki atmosfir yang sebelumnya tidak selalu kami dapatkan. Orang-orang datang dan berada di belakang tim ini. Malam ini kami tidak bermain dengan baik, ada sedikit ketegangan juga di dalam dan tim Belarusia tidak memberikan kami kemenangan mudah.

“Penting untuk berbagi perayaan ini dengan orang-orang yang datang ke sini. Para pemain merasakan antusiasme yang dulu pernah ada. Ini harus terus berlanjut.”

Prancis lolos ke Piala Dunia 2018 sebagai juara Grup A babak kualifikasi zona Eropa. Mereka memiliki nilai 23, unggul empat poin atas peringkat kedua Swedia yang akan bermain di babak play off bulan November nanti guna memperebutkan tiket ke Rusia.